Mengapa Harus Mempelajari SQL?

Dibuat oleh : Operator (488 hari yang lalu)

Mengapa Harus Mempelajari SQL?

SQL merupakan database yang digunakan untuk membuat, memelihara, juga mengambil basis data relasional. Sejak tahun 1970-an, SQL sudah menjadi alat yang penting untuk alat data scientis dikarenakan sangat penting dalam mengakses, memperbarui, memasukkan, juga memanipulasi serta memodifikasi data.

Berikut ini merupakan alasan kenapa kita harus mempelajari SQL, terutama pada seorang calon data scientist agar mereka bisa berhasil dalam karier data science mereka.

Mudah untuk Dipelajari dan Digunakan

Tidak seperti bahasa pemrograman lainya yang memerlukan pemahaman tingkat tinggi juga menghafalkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengerjakan tugasnya, SQL mendapatkan pujian karena kesederhanaan saat menggunakannya. Jika untuk kalian sebagai pemula mengenal bahasa pemrograman, SQL merupakan bahasa terbaik untuk memulai.

Membantu untu Memahami Dataset

Untuk kalian yang seorang scientist, hal pertama yang harus kalian pelajari adalah pemahaman mendalam tentang dataset yang kalian kerjakan. Mempelajari SQL bisa memberikan kalian pemahaman yang kuat tetang basis data relational  dan karenanya mungkin guna untuk menguasai dasar data science.

Jika pisau bedah berada di tangan seorang ahli bedah, begitu juga dengan SQL yang berada di tangan seorang data scientist untuk itu sangat berguna untuk ‘incising’ melalui dataset untuk pemahaman terperinci.

Bisa Mengelola Volume Data yang Besar

Data science banyak kasus yang melibatkan urusan dengan volume besar data yang disimpan di dalam database relasional. Dengan meningkatnya volume dataset, akan menjadikannya tidak bisa digunakan untuk menggunakan  spreadsheet. Dan solusi terbaiknya yaitu dengan menggunakan SQL yang memiliki kapasitas untuk mengelola dataset tersebut.

Merupakan Gerbang dari Pekerja Data Science

Untuk sebagian besar dari pekerja data science, kecakapan dalam SQL lebih tinggi dari bahasa pemrograman yang lainnya. Data science melibatkan urusannya dengan dataset yang besar untuk database. Dan akan membutuhkan keahlian dalam SQL agar bisa memecahkan masalah yang pro.

Begitulah alasan kenapa kita harus mempelajari tentang SQL. Semoga bermanfaat untuk kalian. Dan jangan lupa untuk mempelajari SQL agar kalian bisa memahami lebih lanjut tentang pemrograman.

baca juga Manfaat Belajar Topologi Jaringan Bagi Pelajar

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda