Resiko Kecanduan Bermain HP

Dibuat oleh : Operator (480 hari yang lalu)

Resiko Kecanduan Bermain HP

Seseorang yang sudah kecanduan dengan HP mungkin tidak bisa menyadari bahwa dirinya mengalami masalah dalam kesehatannya karena terlalu sering menggunakan HP. Akibatnya bisa meningkatkan resiko dari terjadinya gangguan emosi, sulit untuk beraktifitas, kurang tidur dan lain sebagainya.

Kecanduan hp ada kaitan erat dengan kecanduan internet. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan tontonan, game, atau fitur menarik di hp yang sering digunakan bisa dengan mudah diakses dengan internet.

Menurut para ahli, kecanduan hp bisa mengakibatkan efek euforia yang sama dengan perilaku kecanduan yang lainnya, seperti berjudi atau melihat tontonan yang tidak seharusnya. Berdasarkan dari hasil penelitian, kecanduan hp bisa mengubah zat kimia otak yang ada diakhirnya berpengaruh pada kondisi fisik, psikologis, serta perilaku seseorang.

Siapa saja bisa mengalami berbagai efek buruk, tidak peduli dengan usia serta profesinya. Efek buruk ini bisa meliputi efek fisik dan efek psikologisnya. Berikut ini selengkapnya :

Efek fisik

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi pada kesehatan fisik, di antaranya:

1. Masalah pada mata

Dikarenakan terlalu lama menatap layar gawai, mata bisa jadi bermasalah. Beberapa masalah di bagian mata yang berisiko terjadi saat candu pasa gadget yaitu mata lelah, kering, dan penglihatan terganggu.

2. Infeksi

Layar gadget merupakan sarang dari jutaan kuman. Bahkan ada riset yang mengatakan bahwa kuman E.coli yang menyebabkan diare paling banyak ditemukan pada gadget. Hal ini yang membuat orang sering bersentuhan dengan gadget akan lebih berisiko terkena infeksi.

3. Kurang tidur

Para pecandu gadget sering kali rela untuk begadang, hingga kualitas dan waktu tidurnya menjadi berkurang. Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang, hal tersebut bisa menyebabkan gangguan pada tidur.

San karena kurang tidur, pecandu gadget pasti akan merasa sulit berkonsentrasi serta mengalami kelelahan sepanjang hari. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko cedera atau kecelakaan saat bekerja atau menyetir.

Efek psikologis

Tidak hanya pada fisik, kecanduan gadget juga bisa menjadi penyebab dari masalah psikologis, seperti:

- Menjadikannya cepat marah dan panik
- Stres serta sering merasa kesepian dikarenakan selama berjam-jam menghabiskan waktu tanpa bersosialisasi dengan orang lain
- Sulit untuk fokus atau berkonsentrasi ketika belajar atau bekerja
- Bermasalah dalam hubungan sosial, baik dengan keluarga, teman, rekan kerja, atau pasangan

Baca juga Menarik nih!! Ceri tahu seputar MySQL

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda