Ketahui Apa Itu Jaringan Topologi dan Jenisnya

Dibuat oleh : Operator (492 hari yang lalu)

Ketahui Apa Itu Jaringan Topologi dan Jenisnya. Topologi pada jaringan komputer ialah suatu metode atau cara untuk mengubungkan antar rute koneksi dan node dalam satu jaringan. Dengan cara diketahui, node sendiri adalah perangkat keras untuk menerima,meneruskan,danjuga menyebarkan suatu data atau bisa disebut dengan komputer itu sendiri.

Dan rute koneksi ini ialah sambungan antara node tadi yang sehingga bisa saling terhubung antara satu sama lain. Sambungan itu sendiri biasanya juga dibuat dengan cara menggunakan kabel jaringan atau menggunakan kabel LAN.

Sedangkan topologi jaringan pada komputer ini memiliki beberapa jenis yaitu antara lain topologi Mesh,topologi Star,topologi Ring,topologi Bus,topologi Tree, dan topologi Hybrid. Dan sekarang kita akan membahas secara singkat tentang topologi yang tadi disebutkan yaitu:

1. Topologi Mesh

Topologi yang dimana melakukan sebuah metode yang untuk menghubungkan node secara langsung menggunakan kabel jaringan, dengan tanpa adanya perantara apapun.

2. Topologi Star

Dengan bentuk jaringan rute dan node yang mirip dengan bentuk sebuah bintang. Dan topologi ini sendiri merupakan metode untuk menghubungkan beberapa node tadi dengan menggunakan satu perangkat keras HUB dalam sebuah rangkaian jaringan.

3. Topologi Ring

Topologi yang dimana menghubungkan antara komputer rute yang berbentuk lingkaran seperti sebuah cincin. Dan ditiap node dalam rute tersebut biasanya memiliki sebuah repeater untuk meneruskan data.

4. Topologi Bus

Topologi Bus adalah metode dimana untuk penghubung antara komputer hanya menggunakan satu kabel jaringan. Dan dalam topologi yang satu ini memiliki jenis topologi didalamnya yaitu tentang transmisi data atau sumber daya yang berjalan dari satu arah dari ke satu titik ke ujung titik terakhir.

5. Topologi Tree

Metode dengan cara untuk menghubungkan beberapa komputer menggunakan skema tranmisi pada data yang bersifat hirarkis, yaitu dengan yang  terdapat dua perangkat hub antara lain (utama dan sekunder).

6. Topologi Hybrid

Jenis yang terakhir adalah topologi hybrid yang merupakan topologi dengan menggunakan metode untuk menghubungkan beberapa komputer dengan cara mengombinasikan beberapa jenis topologi ke jaringan komputer, yaitu contohnya dengan topologi star dan topologi ring.

Baca pembahasan lainnya seputar topologi: Kenalan Sama Topologi Jaringan yuk!

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda