Dampak yang bisa didapatkan dari Toleransi

Dibuat oleh : Operator (432 hari yang lalu)

Tahukah kalian dampak apa saja yang bisa di ambil dari toleransi? Toleransi merupakan sikap yang penting dalam sebuah kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya toleransi ini akan banyak dampak positif yang bisa di dapatkan dari toleransi ini.

Berikut ini beberapa dampaknya :

Menghindari konflik dan juga perpecahan
Adanya hal ini sangatlah penting untuk menghindari perpecahan dan juga konflik, utamanya yang melibatkan agama dan juga perpecahan. Perbedaan yang ada tentunya rawan memicu konflik dan juga perpecahan. Namun, bila masyarakat sadar buat bersikap toleran maka perbedaan tersebut justru malah menjadi keindahan.

Menciptakan lingkungan yang damai dan juga tenteram
Bila telah tercipta kerukunan, akan tercipta lingkungan yang damai dan juga tenteram. Hal tersebut cuma dapat diwujudkan bila toleransi diterapkan di setiap elemen masyarakat. Dengan toleransi ini, masyarakat juga jadi dapat hidup tentram dan juga damai satu dengan lain.

Meningkatkan jiwa nasionalisme
Dalam lingkup negara, toleransi begitu penting buat meningkatkan jiwa nasionalisme dan juga semangat persatuan. Seseorang dengan sikap toleransi yang tinggi umumnya akan mempunyai rasa cinta yang tinggi juga terhadap tanah airnya. Hal tersebut juga berhubungan dengan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika.

Mewujudkan kerukunan di Indonesia
Adanya sikap toleransi begitu penting buat menciptakan keharmonisan dan juga kerukunan dalam masyarakat. Toleransi penting buat diterapkan sebab keadaan Indonesia yang sangat heterogen. Dengan adanya hal ini membuat masyarakat bisa hidup berdampingan dengan rukun, meskipun berbeda-beda suku dan juga agamanya.

Mempererat tali persaudaraan
Toleransi bermanfaat buat mempererat tali persaudaraan. Dengan menerapkan sikap ini, masyarakat dapat saling berinteraksi dengan siapa pun tanpa melihat latar belakang agama dan juga sukunya jadinya dapat mempererat persaudaraan dengan sesama masyarakat.

Baca juga : Tips Lolos Ujian Psikotes 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda