Cara Menghafal Yang Efektif

Dibuat oleh : Operator (410 hari yang lalu)

Dalam proses belajar tentunya kalian juga perlu untuk menghafal setiap materi yang ada. Jika sudah tiba waktu mendekati ujian tentunya kalian pun perlu menghafal semua materi yang sudah kalian pelajari bukan? Nah maka dari itu kalian harus tau cara untuk menghafal yang efektif.

Berikut ini cara-caranya :

Menghafal bersama
Bila masih merasa kesusahan dalam menghafal, cobalah buat membentuk suatu kelompok belajar / kelompok diskusi sederhana bersama teman atau sahabat kalian. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang mudah untuk menghafal efektif.

Membaca catatan berulang kali
Supaya menghafal kalian berjalan dengan maksimal, cobalah tempat belajar dengan suasana atau kondisinya yang bersih, tenang, dan pastinya nyaman untuk kalian singgahi seperti di perpustakaan atau di kamar. Berada di tempat-tempat itu juga akan membuat otak menjadi lebih rileks.

Fokus dan step by step
Kalian Ingin langsung menghafal seluruh materi dalam satu hari? Berati yang harus kalian laksanakan ialah fokus kepada satu materi terlebih dulu. Sesudah benar-benar hafal, baru pindah ke materi yang seterusnya. Menghafal kesemua materi secara bersamaan cuma akan membuat otak tersiksa.

Mencatat poin penting
Cara efektif yang dapat kalian lakukan ynag terakhir adalah mencatat poin-poin atau kata kunci dari bacaan ataupun presentasi, yang menurut kalian cukup penting. Kalian juga dapat mencatatnya pada secarik kertas ataupun di aplikasi notes pada handphone, tablet, dan yang lain semacamnya.

Baca juga : Tips Menjadi Seseorang yang Dewasa 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda