Simak Keistimewaan MySQL

Dibuat oleh : Operator (491 hari yang lalu)

Simak Keistimewaan MySQL

Memiliki peran sebagai server dengan konsep database modern, MySQL mempunyai banyak sekali keistimewaan. Berikut ini sederet keistimewaan yang dimiliki oleh MySQL.

Portabilitas

MySQL dapat berjalan dengan stabil pada berbagai sistem operasi misalnya ada Windows, Linux, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, FreeBSS dan banyak lagi lainnya.

Perangkat lunak sumber terbuka

SQL didistribusikan untuk perangkat lunak sumber terbuka, yang berada dibawah lisensi GPL jadi bisa digunakan secara gratis.

Multi-user

MySQL bisa digunakan hingga beberapa pengguna pada waktu yang bersamaan tanpa adanya yang mengalami permasalahan atau konflik.

'Performance tuning'

MySQL mempunyai kecepatan kecepatan yang amat menakjubkan saat menangani query sederhana, kata lainnya bisa memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

Ragam tipe data

MySQL mempunyai beragam tipe data yang sangat kaya, misalnya signed / unsigned integer, float, double, text, char, date, timestamp, dan lain sebagainya.
Perintah dan Fungsi

MySQL mempunyai operator dan memiliki fungsi yang secara penuh mendukung perintah Select dan Where pada perintah.

Keamanan

MySQL mempunyai beberapa lapisan keamanan misalnya level subnetmask, nama host, dan izin pada akses user yang menggunakan sistem perizinan yang datail serta sandi terenkripsi.

Skalabilitas dan Pembatasan

MySQL bisa menangani basis data pada skala yang besar, dengan jumlah rekaman yang lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel juga 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang bisa ditampung mencapai 32 indeks di setiap tabelnya.

Konektivitas

MySQL bisa melakukan koneksi bersama klien dengan menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket , ataupun Named Pipes (NT).

Antar Muka

MySQL memiliki antar muka (interface) pada berbagai aplikasi dan juga bahasa pemrograman yang memggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

Klien dan Peralatan

MySQL telah dilengkapi dengan berbagai tool yang bisa dipergunakan sebagai administrasi basis data, dan di setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk onlinenya.

Struktur tabel

MySQL mempunyai struktur tabel yang lebih fleksibel saat menangani ALTER TABLE, jika dibandingkan dengan basis data lainnya seperti PostgreSQL ataupun Oracle.

Baca juga

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda