Ketahuilah Tentang Teknik Six Sigma

Dibuat oleh : Operator (498 hari yang lalu)

Ketahuilah Tentang Teknik Six Sigma

Six Sigma memiliki beberapa teknik. Ada delapan teknik yang merupakan campuran dari ilmu statistika dan analisis data agar bisa mencapai hasil yang diinginkan. 

Brainstorming

Brainstorming adalah langkah pertama sebelum menggunakan tool pada Six Sigma. Di tahap ini merupakan saat dimana melakukan pembuatan ide dan cara kreatif agar bisa menyelesaikan masalah.

Root cause analysis

Root cause analysis bisa disebut juga analisis akar masalah dengan menggunakan 5W (why, who, when, what, where) sebagai penganalisis dan menemukan akar dari permasalahan.

Suara konsumen

Langkah yang satu ini dilakukan dengan cara mendengarkan suara dari para konsumen atau pendapat dari mereka baik secara eksternal ataupun internal. Dengan begini, kita bisa tahu tantang apa yang bisa dikembangkan atau yang bisa diperbaiki berdasarkan dari keinginan konsumen.

Sistem 5R

Sistem dari 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin). Dengan adanya lima langkah ini yang bertujuan untuk mengeliminasi hal yang tidak perlu dan mengurangi tingkat bottleneck atau hambatan saat dalam masa proses.

Kaizen

Teknik Kaizen adalah strategi yang dimana digunakan untuk meningkatkan bisnis dengan cara terus memantau, mengidentifikasi, dan melakukan pengembangan yang berkelanjutan. Jika terdapat sedikit saja inefisiensi, harus segera melakukan perubahan agar membuatnya menjadi lebih baik.

Benchmarking

Benchmarking busa disebut juga menentukan patokan merupakan proses yang menentukan standar pengukuran. Bandingkan saja bisnismu dengan kompetitor yang serupa agar bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Poka-yoke

Poka-yoke merupakan teknik yang dilakukan agar terhindar dari terjadinya kesalahan juga penyusunan strategi untuk melakukannya. Di dalam teknik poka-yoke, para karyawan diharuskan untuk mampu mengidentifikasi dan membuang hal yang menjadi menyebabkan inefisiensi serta kesalahan dalam proses.

Value stream mapping

Value stream mapping adalah teknik pengukuran alur dari material dan informasi untuk mendesain sebuah proyek yang akan datang. Tujuan dari value stream mapping yaitu untuk bisa memaksimalkan pengurangan inefisiensi di dalam value stream dan juga membuat operasi yang lebih sederhana.

Itulah beberapa teknik dari Six Sigma yang perlu kalian ketahui. Pelajari tekniknya dan praktikkan di dalam bisnis yang kalian punya. Semoga bermanfaat.

Baca juga Inilah Jabatan dari Lead Six Sigma

 

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda