Fakta Menarik Seputar PHP

Dibuat oleh : Operator (498 hari yang lalu)

Untuk seorang programmer web, bahasa pemrograman PHP, bukanlah suatu yang asing lagi. Banyak programmer di dunia ini yang mengembangkan web mereka dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Berikut ini fakta menariknya :

Dirilis pada tahun 1995
PHP pertama kalinya dirilis pada tahun 1995 oleh seorang programmer dari Denmark atau Greenland yang bernama Rasmus Lerdorf. Ia merupakan orang yang menulis script asli dari binary Common Gateway Interface.

PHP 4 didukung oleh Zend Engine
Pada tahun 1999, Suraski dan Gutsman menghasilkan Zend Engine sesudah menulis ulang core PHP 3. Sesudah itu, pada dua puluh dua Mei 2000, PHP 4 dirilis dengan didukung oleh Zend Engine 1.0. Sampai PHP 8 Zend Engine tetap digunakan pada core PHP.

Tak diperlukan compiler untuk menjalankan script
Tak seperti kebanyakan bahasa pemrograman yang ada, PHP tak membutuhkan compiler maupun proses build saat terjadi perubahan pada programnya. Programmer cuma butuh menyimpan file PHP yang dia rubah dan refresh page tersebut di browsernya.

Website di dunia 78% dibuat menggunakan PHP
Menurut W3Techs, pada tanggal sepuluh Februari 2022, terdapat 78% website yang mengenakan PHP pada sisi server pemrogramannya. Angka ini turun dibandingkan tahun yang lalu yang mencapai 79%. Walaupun seperti itu, bahasa pemrograman PHP tetap mendominasi website di dunia. Selain hal itu, programmer PHP lebih mudah dicari dibandingkan demi programmer bahasa lain dalam pembuatan website.

Facebook dibuat menggunakan PHP
Mungkin sedikit orang yang menyadari bahwasanya Facebook mengenakan PHP pada websitenya. Facebook memang tak secara langsung menggunakan bahasa pemrograman PHP pada websitenya, tapi bahasa pemrograman yang dipakainya bernama Hack. Pada bahasa pemrograman Hack dialek yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP.
Baca juga : 

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda