Inilah Jabatan dari Lead Six Sigma

Dibuat oleh : Operator (499 hari yang lalu)

Inilah Jabatan dari Lean Sig Sigma

Agar strategi dari Six Sigma bisa berjalan dengan lancar, perlu dilapisi dengan infrastruktur yang kuat. Dari lapisan tersebut tentunya ada jabatan yang harus dipegang. Jabatan apa sajalah yang ada di Six Sigma? Simak informasi berikut ini.

Champion atau Sponsor

Jabatan yang paling tinggi di Six Sigma yaitu champion atau bisa disebut juga sponsor. Mereka berapa di puncak hierarki manajemen dan juga bertugas sebagai koordinir roadmap bisnis.

Tidak hanya itu saja, champion juga memiliki tanggung jawab untuk memilih rencana dari proyek, menjalankan pengawasan, dan juga mengurangi hambatan yang ada serta resikonya.

Master Black Belt

Yang ada diurutan kedua dalam jabatan Six Sigma yaitu para master black belt. Dengan memegang gelar sebagai master, merekalah yang menyandang posisi sebagai mentor.

Tujuan utama mereka yaitu untuk membawa organisasi yang menjadi lebih sukses dan juga meraih kompetensi dan cita-cita yang sudah ditetapkan. Pada jabatan ini diperlukan kemahiran teknis dan juga kepemimpinan yang tinggi.

Black Belt

Posisi yang ketiga di Six Sigma yaitu black belt. Mereka merupakan para pemimpin dari tim yang menerapkan metodologi bisnis dan juga Six Sigma didalam proyeknya. Pemegang jabatan black belt juga harus mengenalkan alat dan juga sumber daya yang akan dipergunakan pada setiap anggota tim dalam proyek.

Green Belt

Posisi yang ke empat yaitu green belt. Green belt ini adalah para pekerja yang bertanggung jawab pada seluruh proses kerja dan juga produktivitas dalam sebuah departemen. Pemegang jabatan ini juga ditugaskan untuk menyelesaikan semua paket kerja yang telah ditargetkan oleh para black belt.

Anggota Tim atau White dan Yellow belt

Jabatan yang terakhir di Six Sigma yaitu para anggota timnya. Merekalah yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan fokus pekerjaan yang digolongkan kecil dan mereka menerima pelatihan dari para mentor. Posisi ini juga yang biasanya disebut sebagai pemegang white dan  yellow belt.

Nah itu lah jabatan yang ada di Six Sigma. Semoga bermanfaat untuk kalian. Baca yang rajin ya agar menambah wawasan dan ilmu yang lebih luas lagi.

Baca juga Konsep dari Six Sigma

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda