Mengenal Beberapa Tipe Dari Prototype

Dibuat oleh : Operator (501 hari yang lalu)

Mengenal Beberapa Tipe Dari Prototype. Prototype adalah suatu proses sistem yang merancang sebuah model dari suatu sistem,dan bisa dikatakan merupakan bagian bentuk awal yang standar dengan ukuran untuk suatu objek yang akan dikerjakan nanti. Prototype ini digunakan sebagai bentuk untuk memahami dan melihat bagaimana sebuah produk atau aplikasi bekerja,apa fungsi dan bagaimana sang pengguna harus berinteraksi dengannya. Berikut adalah penjelasannya tentang beberapa tipe dari Prototype dan pengertiannya.

1. Paper Prototype

Paper prototype adalah dimana sebuah teknik dengan cara menggambarkan user interface di atas kertas sehingga memungkinkan untuk dirancang,disimulasikan,dan diuji dengan cepat. Dengan teknik yang sederhana ini, merupakan suatu teknik yang efektif dan digunakan sudah sejak tahun 1980 silam dan akan terus digunakan di masa depan ini karena terbukti kesuksesannya. Cara kerjanya yaitu dengan cara pengguna dapat beralih dan memindahkan setiap elemen UI dengan mudah dan digabungkan dengan catatan tempel,pengguna dapat memulai menentukan sebuah alur dari aplikasi yang ingin dia buat.

2. HTML Prototype

Yang dimana jenis tipe ini telah dibangun dan dikembangkan menggunakan teknologi HTML didalamnya yang biasanya berbentuk sebuah website didalam pembentukannya.

3. Interactive Prototype

Metode jenis ini akan berguna bagi pengguna untuk dapat melihat berbagai bentuk fungsionalitas,kegunaan,dan realisme yang semuanya menjadi satu. Yang dapat diartikan sebagai pemangku kepentingan dan bisa mendapatkan gambaran yang lengkap tentang bagaiamana aplikasi seluler atau situs web pengguna akan terlihat sebelum diproduksi dengan prototype interaktif karena dapat diklik dan menanggapi setiap tindakan mereka.

4. Low-fidelity Wireframe

Low-fidelity Wireframe yang dimana bertindak sebagai cetak biru bentuk awal untuk halaman web dan layar dari aplikasi kalian. Tipe ini membantu stakeholders kepentingan pengguna fokus halaman dengan sengaja mengecualikan detail spesifik seperti halnya warna,font,dan ukuran yang tepat semuanya dapat ditambahkan atau sebaliknya.

5. Sketching

Sketching atau sketsa ini adalah sebuah rancangan yang secara kasar dari suatu kompisis atau sebagian komposisi yang dibuat demi kepentingan pribadi. Sketching ini terdapat beberapa hal didalamnya yaitu skala,perbandingan,komposisi,penyiaran,dan lain sebagainya.

BACA PEMBAHASAN PELATIHAN YANG LAINNYA: Beberapa jenis-jenis agile dan pengertianya

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda