5 Keunikan Sistem Pendidikan Di Jepang

Dibuat oleh : Operator (318 hari yang lalu)

Salah satu faktor yang berperan penting membuat Jepang menjadi negara maju adalah sistem pendidikan mereka yang benar-benar hebat. Alhasil, mereka pun bisa mencetak generasi muda yang cekatan dan sangat cerdas dalam segala hal. Berikut adalah 8 keunikan dari sistem pendidikan di negeri Jepang.

Siswa Diajarkan Mandiri Sejak Dini

Kalian tau tidak, jika kebanyakan sekolah di Jepang jarang mempekerjakan tukang bersih-bersih? Kok bisa, alasannya mengapa ya? Nah, ternyata karena para siswanya lah yang bertanggung jawab atas kebersihan ruang kelas, kantin, bahkan toilet. Di sini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang piket bergiliran mengerjakan tugas-tugas, seperti menyapu, mengelap kaca jendela, menggosok WC, dsb. Setiap tahun kelompok tersebut dirombak dan digilir kembali.

Sistem pendidikan Jepang percaya bahwa bersih-bersih bersama mengajarkan siswa untuk saling membantu dan bekerja dalam tim. Dengan menghabiskan waktu mereka untuk mengelap meja, menyapu, dan mengepel lantai, siswa belajar menghargai pekerjaan mereka sendiri dan pekerjaan orang lain.

Pendidikan karakter adalah yang utama

Kebanyakan lembaga pendidikan di berbagai negara menuntut siswa untuk dapat membaca dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan di kelas 1 SD, namun lain halnya dengan Jepang. Di sekolah Jepang pada 3 tahun pertama bersekolah para anak diajarkan untuk menjadi pribadi yang berkarakter yang baik. Bahkan di sekolah Jepang tidak ada ujian hingga mereka masuk di kelas 4. Bagi Jepang, pendidikan karakter lebih penting daripada hanya sekedar menguasai ilmu tertentu. Hal ini terlihat dengan difokuskannya 3 tahun pertama anak untuk belajar sopan santun. Sangat menarik, ya.

Makan siang berstandar kesehatan disiapkan pihak sekolah Jepang

Sekolah di Jepang sangat memperhatikan kesehatan siswa, salah satunya adalah dengan menyediakan makan siang untuk para siswa untuk memastikan bahwa siswa makan dengan menu yang seimbang. Sekolah bahkan mempekerjakan tenaga profesional di bidang kesehatan makanan, lho! Para siswa dan guru juga makan bersama dalam sebuah ruangan dengan menu standar yang sama untuk semua orang. Hal ini juga dapat membangun relasi yang baik antarsiswa maupun antarsiswa dengan guru.

Seni menjadi mata pelajaran wajib di sekolah Jepang

Bukan hanya pendidikan karakter, pendidikan seni dan budaya tradisional juga merupakan mata pelajaran wajib.

Tujuannya adalah agar para siswa tidak melupakan nilai – nilai budaya. Bagi Jepang, seni yang diajarkan di kelas seperti membuat Shodo (kaligrafi), Haiku (puisi) merupakan budaya yang harus dihormati dan dipelajari oleh para siswa agar dapat lestari.

Satu ujian menentukan masa depan siswa

Terdapat satu ujian yang paling mendebarkan bagi siswa, yaitu ujian untuk menentukan apakah mereka dapat mendaftar di perguruan tinggi atau tidak.

Setiap mahasiswa hanya memiliki satu peluang untuk masuk perguruan tinggi yang mereka impikan. Para siswa akan berjuang dengan keras untuk masuk perguruan tinggi, dan mereka hanya dapat memilih satu pilihan institusi yang kelak akan memberikan ukuran gaji dan standar hidupnya di masa depan.

 

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan di Kompetisi Online Terspektakuler, dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjang Juara.comKompetisi Nasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama.

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda