Fakta Unik Tentang Keris

Dibuat oleh : Operator (313 hari yang lalu)

Keris, siapa yang tidak kenal dengan senjata asli dari tanah Jawa yang satu ini, mulai dari sisi mistisnya maupun keunikan bentuk fisiknya. Saat ini, senjata keris memang tidak digunakan sebagai alat perang, namun lebih digunakan untuk pelengkap upacara-upacara adat dan kebudayaan. Yuk simak fakta tentang keris dibawah ini!

Diakui UNESCO Sebagai Warisan Dunia

Keris telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Tepatnya sejak tahun 2005 keris masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage of Humanity. Menurut UNESCO, keris asli Indonesia mempunyai keunggulan dari segi estetika yang mencakup dhapur, pamor, dan tangguh.

Keris Mendunia

Fakta unik yang terakhir adalah keris Indonesia sudah mendunia. Beberapa film asing pernah menampilkan keris dalam adegannya.

Film yang menampilkan keris antara lain, Shanghai Knight dan Idle Hand dan Teh Kick. Bukan hanya di film, keris juga dihadirkan sebagai senjata yang digunakan oleh pemain game Shadow Fight.

Keris selain dicintai oleh orang Indonesia rupanya juga disenangi oleh orang luar. Marc Peeters, pria berwarganegaraan Belgia ini sangat mengagumi keris. Ia bahkan mempunyai koleksi 300 buah keris.

Setiap Bagian Memiliki Nama

Fakta menarik keris yang keliam adalah setiap bagiannya memiliki nama masing-masing. Pertama wilah, ini adalah bagian utama dari keris berupa logam yang ditempa sedemikian rupa hingga menjadi senjata tajam.

Kedua hulu, bagian keris ini berada dipegangan yang mempunyai bermacam motif khas setiap daerah. Pegangan keris Jawa secara garis besar terdiri dari sirah wingking (kepala bagian belakang), jiling, cigir, cetek, bathuk (kepala bagian depan), weteng, dan bungkul.

Ketiga warangka, bagian keris yang berfungsi tertentu dalam kehidupan masyarakat Jawa. Bagian ini berada di luar sehingga terlihat secara langsung warangka atau sarung. Warangka semula terbuat dari kayu seperti cendana, jati, kemuning, dan timoho.

Seiring perkembangan zaman warangka ada yang terbuat dari gading. Warangka dari gading yang terdapat di bagian atas atau ladrang-gayaman mencerminkan status sosial penggunanya .

Keempat pendhok, bagian ini adalah lapisan warangka yang berfungsi menambah keindahannya. Bagian pendhok biasanya diukir sangat indah. Pendhok mempunyai tiga macam yaitu, pendhok bunton, pendhok blewah, dan pendhok topengan.

Kelima luk, bagian yang berkelok dari wilah-bilah keris. Cara sederhana untuk menghitung luk pada bilah dimulai dari pangkal keris ke arah ujung keris.

Dihitung dari sisi cembung dan dilakukan pada kedua sisi seberang (kanan kiri). Maka, bilangan terakhir merupakan jumlah luk pada wilah-bilah. Jumlahnya selalu gasal, tidak pernah genap dengan terkecil luk tiga dan terbanyak luk tiga belas.

Sejarah Panjang Keris

Pembuatan keris awalnya disinyalir terinspirasi dari peninggalan perundagian kebudayaan Dongson dan Tiongkok Selatan. Dua budaya tersebut diduga menajadi cikal bakal terciptanya keris di Indonesia yakni Tanah Jawa.

Dugaan tersebut dibuktikan dari pahatan arca dan relief pada masa megalitikum ke abad 9 hingga 11 Masehi yang ditemukan di Candi Borobudur maupun candi masa Mataram Kuno lainnya. Keris pada zaman Kerajaan Majapahit sudah digunakan sebagai senjata tradisional.

Beberapa keris legendaris pada masa kerajaan antara lain, Keris Empu Gandring, Keris Condong Campur, Keris Pusata Setan Kober, dan Keris Nagasasra. Kata ‘Keris’ secara etimologi berasal dari Bahasa Jawa yakni ‘Mlungker-mlungker kang bisa ngiris’ disingkat menjadi keris.

 

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan di Kompetisi Online Terspektakuler, dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjang Juara.comKompetisi Nasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama.

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda