Menariknya Seorang yang Independen!!

Dibuat oleh : Operator (467 hari yang lalu)

Menariknya Seorang yang Independen!!

Independen adalah sikap yang tidak bergantung kepada orang lain. Istilah dari independen pada umumnya digunakan untuk berbagai hal, seperti negara ataupun pada bidang politik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Independen merupakan yang tidak terikat, bebas, merdeka atau bisa disebut juga dengan berdiri sendiri.

Istilah dari independen dipergunakan pada suatu negara jika negara bisa dapat untuk berdiri sendiri tanpa bergantung dengan negara lainnya.

Disisi lain pada bidang dalam bidang politik, independen dipergunakan jika seseorang tidak berafiliasi atau tidak bergantung pada partai manapun dan atau dengan orang lain.

Selain adanya kaitan dengan negara serta politik, independen juga mempunyai hubungan dengan personal atau individu pada seseorang.  Independen itu didefinisikan dengan sikap yang netral atau tidak memihak pada kubu tertentu.

Singkatnya, independen dapat disebut dengan sikap mental yang tidak dipengaruhi oleh beberapa hal lain yang bisa mengganggu pertimbangan profesional, hingga memungkinkan seorang individu untuk mempunyai integritas dan bertindak dengan objektif, juga menerapkan skeptisisme profesional.

Karakteristik Sikap Independen

Seseorang, lembaga atau negara dapat dikatakan sebagai independen jika mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Mempunyai kecerdasan di atas rata-rata serta mempunyai sumber daya yang cukup.
2. Senang melakukan sesuatu dengan sendiri karena menganggap dirinya bisa melakukannya tanpa adanya bantuan pada orang lain.
3. Mempunyai pendirian yang teguh serta tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain.
4. Senang berteman dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang sama dengan mereka.
5. Pandai berbicara serta memengaruhi orang lain.
6. Mempunyai kemampuan saat mengatasi masalah atau tantangan hidup serta sabar menghadapinya.
7. Mempunyai empati yang tinggi kepada orang lain.
8. Berani untuk menyampaikan pendapatnya kepada orang banyak.

Itulah pengertian serta karakteristik dari independen yang pastinya sangat menarik untuk diketahui. Seorang independen memiliki daya tarik tersendiri yang membuat orang lain terkadang akan merasa tersanjung saat berada disekitarnya.

Baca juga Mengenal Kelebihan Topologi Jaringan Hybrid

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda