3 Tahap Belajar Matematika

Dibuat oleh : Operator (303 hari yang lalu)

Jarome Bruner menyarankan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berhadapan dengan benda-benda konkrit (alat peraga) dalam proses pembelajaran. Dengan bantuan alat peraga, siswa dapat melihat dari dekat bagaimana susunan dan pola yang terdapat pada objek yang dilihat. Tatanan ini kemudian dipadukan dengan tatanan intuitif yang tertanam dalam benak siswa (Ruseffendi, 1992:
109). Yuk simak tahap tahap dibawah ini!
 

1) Tingkat diaktifkan.

Pada level ini, siswa terlibat langsung dalam memanipulasi objek.

2) Tahap ikonik.

Pada level ini aktivitas yang dilakukan oleh siswa berkaitan dengan mental, yaitu representasi objek yang mereka manipulasi. Anak tidak secara langsung memanipulasi objek seperti yang dilakukan siswa pada fase aktivasi.

3) Tahap simbolik.

Pada fase ini, siswa berhadapan dengan simbol-simbol atau lambang-lambang dari benda-benda tertentu. Anak tidak lagi terikat pada objek dari level sebelumnya. Pada tahap ini, anak sudah bisa menggunakan labeling tanpa bergantung pada benda nyata. 

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan di Kompetisi Online Terspektakuler, dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjang Juara.comKompetisi Nasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama.

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda