Perintah Dasar dari SQL

Dibuat oleh : Operator (492 hari yang lalu)

Perintah Dasar dari SQL

Structured Query Language atau SQL merupakan bahasa yang di gunakan untuk pemrograman dan di rancang sebagai pengolah data yang disimpan di dalam Sistem Manajemen Database Relasional, atau digunakan sebagai stream processing dalam Relational Data Stream Management System (RDSMS).

Salah satu dari fungsi dari database yaitu untuk menyimpan dan memelihara juga mengelola data, oleh sebab itu penting untuk kita  mengetahui tentang perintah dasar SQL yang bisa di gunakan untuk menyimpan dan memelihara juga mengelola data dalam database itu sendiri baik secara langsung maupun menggunakan macam-macam bahasa pemrograman.

Berikut ini merupakan perintah dasar dari SQL. Pelajari dengan seksama.

1. Perintah SELECT

Perintah SELECT adalah perintah dasar dari SQL yang berguna untuk memilih data dari database. Data yang di kembalikan akan simpan dalam tabel yang di sebut dengan result-set.

2. Perintah SELECT DISTINCT

Perintah SELECT DISTINCT adalah perintah dasar dark SQL yang digunakan sebagai pengembalian hanya nilai yang berbeda dari dalam tabel, dengan kata lain semua record duplikat yang ada pada tabel akan di anggap sebagai satu record/nilal.

3. Perintah WHERE

Perintah WHERE adalah perintah dasar SQL yang di gunakan untuk memberbaiki hasil SELECT dengan cara mengekstrak record yang dengan memenuhi persyaratan tertentu.

4. Perintah (operator) AND, OR dan NOT

Operator AND, OR dan NOT adalah perintah dasar SQL yang biasanya akan dikombinasikan dengan perintah WHERE. Ketiganya ini digunakan untuk mem-filter record berdasarkan suatu kondisi.

5. Perintah ORDER BY

Perintah ORDER BY adalah perintah dasar SQL yang di gunakan sebagai mengurutkan result-set pada pengurutan 'ascending' atau 'descending". Secara default perintah ORDER BY akan menampilkan record dalam pengurutan 'ascending" ('ASC'). Untuk mengurutkan 'descending, meenggunakan kata kunci 'DESC'.

6. Perintah INSERT INTO

Dalam SQL, perintah INSERT INTO adalah perintah dasar SQL pada bagian dari perintah untuk DML (Data Manipulation Language) Perintah INSERT INTO bisa di gunakan untuk menambahkan record baru pada tabel.

7. Perintah UPDATE

Perintah UPDATE adalah perintah dasar SQL yang di gunakan untuk mengupdate atau mengubah nilai pada suatu record berdasarkan kriteria tertentu.

8. Perintah DELETE

Hampir sama dengan UPDATE, perintah DELETE juga perintah dasar SQL yang di pergunakan sesuai dengan namanya yaitu untuk menghapus nilai pada record berdasarkan kriteria tertentu.

9. Perintah (fungsi) MIN()

Fungsi MIN() adalah perintah dasar SQL yang di gunakan untuk mendapatkan nilai yang terkecil pada suatu kolom, kalian juga bisa menerapkannya di kolom "harga', 'nilai', 'qty', fungsi MIN() hanya bisa menampilkan satu record saja dan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

10. Perintah (fungsi) MAX()

Fungsi MAX() adalah perintah dasar dari SQL yang dipergunakan untuk mendapatkan nilai terbesar pada suatu kolom, sama dengan fungsi MIN() kalian bisa menerapkannya di kolom 'harga', 'nilai', 'qty' atau kolom yang semisal dengan itu.

11. Perintah (fungsi) COUNT() 
 

Fungsi COUNT() adalah perintah dasar SQL yang dipergunakan untuk mendapatkan jumlah dari hitungan record yang memenuhi suatu kriteria.

12. Perintah (fungsi) AVG()

Fungsi AVG() adalah perintah dasar SQL yang dipergunakan untuk mendapatkan rata-rata record yang telah memenuhi kriteria, dan tentunya nilai pada kolom harus numerik.

13. Perintah (fungsi) SUM()

Fungsi SUM() adalah perintah dasar SQL yang dipergunakan untuk mendapat jumlah dari record yang telah terpenuhi suatu kriterianya, dan tentunya nilai pada kolom haruslah numerik.

14. Perintah INNER JOIN

INNER JOIN adalah perintah dasar dari SQL yang dipergunakan sebagai untuk menggabungkan beberapa tabel juga mengambil nilai yang identik pada antara kedua tabel tersebut.

15. Perintah LEFT JOIN

LEFT JOIN adalah perintah dasar SQL yang dipergunakan untuk menggabungkan beberapa tabel dan mengambil nilai yang identik pada kedua tabel itu dan nilai lain dari tabel pada ruas kiri walaupun tak ada nilai yang cocok dengan tabel yang ada pada ruas kanan.

Begitulah perintah dasar pada SQL yang perlu dan sangat penting untuk kalian ketahui. Semoga bermanfaat untuk kalian

Baca juga

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda