Kanban Punya Peranan Penting

Dibuat oleh : Operator (519 hari yang lalu)

Kanban berperan sangat penting sebagai navigasi untuk membantu mengurangi beberapa hal yang sekiranya tidak penting dan membantu untuk memaksimalkan hasil dari sebuah pencapaian. bukanlah sistem pengontrol persediaan, namun merupakan sistem yang mengatur untuk membantu menentukan apa, kapan, dan berapa banyak sebuah produk harus dibuat.

Fungsinya yaitu untuk mengatur adanya pergerakan bahan yang ada di dalam sistem produksi agar tepat waktu. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Alat Instruksi Produksi dan Pengangkutan

Fungsi pertamya yaitu sebagai alat instruksi kerja. Yang mampu untuk mengatur kapan saja, dimana saja, dan bagaimana komponen ataupun bahan yang diproduksi serta diangkut. Dan juga berfungsi sebagai cara untuk bisa mengkomunikasikan proses sesudah dan sebelum prouksi dilakukan.

Alat Proses Kaizen

Selanjutnya yaitu sebagai salah satu alat kontrol, jumlahnya tidak disarankan untuk terlalu banyak, hal ini dikarenakan bisa meningkatkan persediaan yang banyak. Komponen atau bahan haruslah diperiksa untuk perbaikan terus menerus.

Penyesuaian Dari Perubahan

Berikitnya yaitu sebagai penyesuaian dari perubahan dengan menjalani proses produksi, sudah umumnya akan ada permasalahan, seperti penundaan proses produksi, perbaikan alat, penyesuaian jadwal produksi. Kanban inilah yang menjadi alat untuk menyesuaikan dengan keadaan yang ada.

Itulah mengapa kanban sangatlah penting. Hal ini dilakukan agar waktu dan kegiatan akan terkontrol dengan baik dan benar. Disetiap perusahaan pastilah terdapat yang namanya kanban yaitu dengan tujuan mengatur bagaimana jalannya periduktifitasnya.

Baca juga Tips Agar Pekerjaan Tidak Menumpuk

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda