Beberapa Metode Agile

Dibuat oleh : Operator (515 hari yang lalu)

Tahukah anda apa saja metode agile?? Eits...sebelum itu harus kalian ketahui dahulu apa sih itu agile. itu merupakan  sebuah metode pengembangan software yang kini populer. Metode tersebut makin banyak diterapkan sebab dapat membantu developer membuat software sesuai kebutuhan konsumen dan lebih efisien.

Berikut ini adalah beberapa metode-metodenya :

Kanban
Sebuah metode Agile yang mengenakan visual dalam proses. Hal tersebut membuat flow kerja anda lebih jelas sebab dapat memantau tiap aktivitas. Nah, visual yang dipakai metode Kanban disebut sebagai Kanban Board. Biasanya, Kanban board dibagi jadi tiga tahap, yakni (To Do) aktivitas yang akan dikerjakan,(In Progress) aktivitas yang sedang dikerjakan (Done) aktivitas yang sudah selesai.

SAFe
Scaled Agile Framework ditujukan untuk perusahaan besar / enterprise yang ingin diterapkan metode Agile. Perusahaan besar cenderung kaku dengan struktur divisi atau tim yang banyak. Tak jarang juga, pengambilan keputusan berhubungan project dapat memakan waktu lama sebab butuh koordinasi antara divisi.

Crystal Methodology
Sebuah metode Agile yang lebih berfokus ke keadaan tim yang mengerjakan, alih-alih ke proses / tools. Mulai dari interaksi tim, komunikasi, feedback, dokumentasi, dan lain-lainnya. Dengan Crystal Methodology, pengembangan software akan jauh lebih optimal sebab ditentukan dengan keadaan tim anda.

FDD
Seperti namanya, Feature Driven Development ialah metode Agile yang berpoint agar menyelesaikan satu fitur. Umumnya, sebelum pengembangan software diawali anda harus menulis daftar fitur apa pun yang hendak dimasukkan. Kemudian, anda mesti menyelesaikan satu fitur dari daftar itu di tiap iterasi.

Scrum Methodology
Sebuah metode agile yang berpoint pada pengembangan software kompleks. Pengerjaan software pada Scrum dibagi jadi beberapa proses kecil yang yaitu sprints. Dalam satu sprint, umumnya anda akan berpoint menyelesaikan satu fitur tertentu. 

Baca juga : Bahasa-bahasa Pemrogaman

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda