Bahasa-bahasa Pemrogaman

Dibuat oleh : Operator (516 hari yang lalu)

Bahasa pemrogaman adalah kata yang berupa instruksi biasanya terdiri dari banyak baris yang dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrogaman diwajibkan untuk dipelajari oleh seorang developer agar bisa membangun aplikasi atau software. Dan untuk membuat sebuah aplikasi tertentu maka harus menggunakan bahasa pemrogramansesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat.

Jumlahnya sangatlah banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, seorang developer tidak mungkin menggunakan semuanya, mereka hanya menggunakan 2 sampai 3 saja dalam melakukan developing. Berikut ini beberapa bahasa pemrogaman yang popules di Indonesia.

JAVA

Java merupakan bahasa pemrogaman yang nisa dijalankan dengan berbagai platform, dmulai dari PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini mulanya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Namanya sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling begitu sangat menyukai kopi murni langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) yang dimana kopi tersebut berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

C

Bahasa C termasuk dalam deretan bahasa pemrogaman yang terbilang tua di dunia. Bahasa C mulai dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembutnya adalah Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar dari perguruan tinggi di juruan IT ataupun lembaga-lembaga kursus menggunakan bahasa ini untuk pembelajaran pertama sebelum mereka mempelajari bahasa yang lainnya. Bukannya tanpa sebab, hal ini juga dikarenakan bahasa C merupakan “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

PHP

PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Pre-processor, yang dimana bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan juga dikarenakan bahasa pemrogaman ini dirancang untuk membangun webside dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg yang menggunakan PHP ini dalam pengembangannya. PHP dikembangkan pertama kali oleh Rasmus Lerdrorf.

Python

Dari tingkatannya di bahasa pemrogaman, Python masuk kedalam bahasa dengan tingkat tinggi. Python menjadi salah satu yang bisa membangun sebuah aplikasi, baik berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa ini juga sangat cocok bagi pemula, karena bahasa ini mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar yang menggunakan Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

C++

C++ merupakan pengembangan dari bahasa C. C++ dan C hampir sama, meski begitu mereka tetap memiliki perbedaan. Di bahasa C penyelesaian masalahnya dengan melakukan pembagian kedalam sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahannya dibagi kedalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrop.

Begitulah beberapa penjelasan tentang bahasa pemrogaman. Bahasa pemrogaman yang mana yang sudah menjadi favoritmu? Apakah salah satu yang diatas atau yang lainnya? Masih ada banya sekali bahasa pemrogaman lainnya.

baca juga Kanban Punya Peranan Penting

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda