Sejarah dan Lambang Memperingati Hari KORPRI

Dibuat oleh : Operator (171 hari yang lalu)

Peringatan HUT KORPRI ini ditetapkan sejak tahun 1971 yang juga menandai hari lahir KORPRI. HUT KORPRI tahun 2023 menjadi peringatan yang ke-52 tahun. Namun mungkin tak semua orang tahu apa itu KORPRI? Kenapa perlu ada peringatan HUT KORPRI?

Sejarah

Dilansir dari disnakermobduk.acehprov.go.id Sejarah peringatan HUT KORPRI 2022 adalah sesuai dengan tanggal berdirinya KORPRI pada tanggal 29 November 1971. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia (KORPRI).

Pada masa Orde Baru, Kolpuri digunakan sebagai instrumen kekuasaan untuk melindungi pemerintahan yang berkuasa saat itu. Namun sejak era reformasi, Kolpuri berkembang menjadi organisasi netral yang tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu.

Jauh sebelum itu, menurut situs resmi KORPRI, latar belakang sejarah KORPRI sangat panjang. Pada masa penjajahan Belanda, pegawai negeri sipil banyak yang berasal dari Hindia Belanda. Namun, Anda dapat menetapkan jabatan karyawan ke kelas bawahan.

Ketika kekuasaan Belanda berpindah ke Jepang, seluruh pegawai negeri di bekas Hindia Belanda otomatis diangkat menjadi pegawai negeri oleh pemerintah Jepang.

Setelah Indonesia merdeka dan berdirinya Negara Republik Indonesia Serikat (NKRI), seluruh pegawai pemerintah Jepang dengan sendirinya menjadi pegawai Negara Republik Indonesia Serikat.

Setelah pengakuan kedaulatan RI pada tanggal 27 Desember 1949, seluruh pegawai RI, pegawai RI yang tidak kooperatif, dan pegawai pemerintah Belanda menjadi pegawai Negara Republik Indonesia Serikat.

melalui perjalanan sejarah yang panjang, Kolpuri akhirnya berdiri pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971 tentang Kolpuri yang didirikan oleh Presiden Soeharto Republik Indonesia.

Lambang

KORPRI biasa kita lihat pada pin yang ditempelkan pada seragam dan pakaian yang dikenakan oleh anggota polisi. Lambang KORPRI berbentuk pohon, dan bangunannya berbentuk balai dan sayap.

Setiap bentuk yang membentuk suatu kesatuan mempunyai arti tersendiri.

Lambang Korpri diperkenalkan dengan tujuan untuk mengembangkan semangat identitas dan spontanitas di antara anggota Korpri. Ketentuan lambang Korpri ada pada keputusan VI. Musyawarah Nasional Nomor: 
KEP-09/MUNAS/2004 tentang Lambang, Panji, Dan Atribut.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda