5 Alasan Pentingnya Belajar Mengatur Keuangan

Dibuat oleh : Operator (450 hari yang lalu)

Pentingnya belajar mengatur keuangan semua tak terkecuali. Maka dari itu pentingnya mempelajari cara mengatur keuangan yang yang dan benar. Sebab akan mendapat manfaat yang banyak selain dari uang terjaga dan lain sebagainya. Nah simak 5 alasan pentingnya belajar mengatur keuangan.

Beberapa alasannya sebagai beriku ini :

Hari tua lebih terjamin
Mengatur keuangan tidak hanya soal makan / keperluan mendadak. Ada juga perencanaan jangka panjang misalnya pensiun. Ketika usia telah senja, kalian tidak mungkin terus bekerja. Badan dan juga pikiran kalian perlu diistirahatkan. Di saat itu, kalian tetap memperlukan uang.

Tidak takut terlilit utang
Sebenarnya, berutang tidak apa apa. Namun, secara umum, besarnya tidak boleh lebih dari 30% pendapatan. Hal itu disampaikan oleh Safir Senduk, seorang perencana keuangan, Utang yang berlebihan akan susah dibayar. Uang kalian dapat habis, hidup pun menjadi tak tenang.

Meningkatkan standar hidup
Alasan lain mengapa kalian butuh menguasai personal finance dan juga mengelola keuangan ialah sebab hal itu bisa mendukung kalian meningkatkan standar hidup. Ketika kalian belajar dalam menguasai pengelolaan keuangan, maka kalian pun sekaligus meningkatkan kemampuan dalam financial literacy.

Memastikan keperluan tercukupi
Manakah yang lebih penting, tas mewah atau makanan? Jawabannya pastinya yang kedua. Dengan sepatu sederhana, kalian masih dapat hidup. Tetapi, kalian dapat sakit tanpa makanan. Pilihan tersebut jadi rumit saat sepatu mewah mendadak diskon. Jika tidak ditahan, kalian dapat beli barang tersebut secara berlebihan.

Adanya dana darurat
Seorang anak baru saja kehilangan laptop. Padahal anak itu menggunakan laptop itu buat bekerja. Dia tak memiliki dana darurat. Anak itu pun kebingungan sebab pekerjaannya terhambat. Itulah kenapa, kalian harus memliki dana darurat. Nah, dana tersebut dapat terkumpul bila kalian mahir mengatur keuangan.

Baca juga : Ketahuilah Manfaat dari Membuat Jadwal Harian  

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda