Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023

Dibuat oleh : Operator (190 hari yang lalu)

Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.Peristiwa 10 November sempat menjadi momen penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dikenal dengan Pertempuran Surabaya.

Perayaan Hari Pahlawan ada kaitannya dengan Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.Menurut laman pemerintah Kulon Progo, saat itu di Surabaya sedang terjadi pertempuran besar antara tentara Indonesia dan Inggris.

Pertempuran ini terjadi setelah Indonesia merdeka dan merupakan pertempuran pertama setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Pada tanggal 29 Oktober 1945 terjadi gencatan senjata antara Indonesia dan Inggris sehingga keadaan mulai membaik.

Namun, bentrokan bersenjata terus berlanjut antara warga sipil dan pasukan Inggris di Surabaya. Konfrontasi terakhir mencapai puncaknya ketika Brigadir Jenderal Mallaby, panglima tentara Inggris, terbunuh pada tanggal 30 Oktober 1945.

Kematiannya menyulut kemarahan Inggris terhadap Indonesia dan berujung pada pemecatan Mayor mengeluarkan ultimatum pada tanggal 10 November 1945.Jenderal Eric Carden Robert Mansergh. Ultimatum tersebut mengharuskan Indonesia menyerahkan senjata dan mengakhiri perlawanan terhadap AFNEI.

Selanjutnya berisi ancaman serangan darat, laut dan udara terhadap kota Surabaya jika Indonesia tidak menuruti perintah Inggris.

Namun memang benar masyarakat Surabaya tidak mau menyerah dan memprovokasi Pertempuran Surabaya selama kurang lebih tiga minggu.

Akibat pertempuran ini, medan perang Surabaya mendapat julukan "Neraka" karena kerugiannya yang cukup besar.Pertempuran ini juga memakan korban jiwa sekitar 20.000 orang dan sekitar 150.000 orang terpaksa mengungsi dari kota.

Ada juga laporan bahwa sekitar 1.600 tentara Inggris tewas, hilang dan terluka.Begitu pula para pejuang Indonesia saat itu yang menjadi korban dan membakar semangat masyarakat Surabaya.

Keengganan masyarakat untuk menyerah menyebabkan Inggris terjerumus ke dalam neraka.Hingga akhirnya kota Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan dan tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda