Makna Dan Fakta Unik Hari Sarjana Nasional 29 September 2023

Dibuat oleh : Operator (232 hari yang lalu)

Hari Sarjana Nasional diperingati karena dunia akademis dianggap sebagai salah satu penentu kemajuan negara. Lulusan SMA juga dianggap sebagai aset negara dan diyakini mempunyai kemampuan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Hari Sarjana Muda Nasional mempunyai arti penting bagi Indonesia. Peringatan ini dimaksudkan untuk memotivasi generasi muda agar semangat belajar hingga mencapai jenjang pendidikan tertinggi.

Selain itu, upacara peringatan ini juga bertujuan untuk memberikan penghormatan atas kerja keras para ulama yang telah berjasa dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

Ulama diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dengan menyandang gelar sarjana, seseorang dianggap mempunyai keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Namun, gelar sarjana bukanlah tujuan akhir melainkan awal dari perjalanan pembelajaran seumur hidup.

Fakta Unik Hari Sarjana Nasional.

Berikut beberapa fakta unik terkait Hari Sarjana Nasional:

  1. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, proporsi penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas yang memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi hanya berjumlah sekitar 9,78% dari total penduduk sebanyak 270 juta jiwa.
  2. Berdasarkan data Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) pada tahun 2019, jumlah perguruan tinggi di Indonesia mencapai 4.723 perguruan tinggi, meliputi 3.339 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 1.384 perguruan tinggi swasta (PTS).
  3. Berdasarkan data Kementerian Riset dan Teknologi tahun 2019, jumlah mahasiswa di Indonesia mencapai 8.132.538 orang, terdiri dari 3.019.164 mahasiswa PTN dan 5.113.374 mahasiswa PTS.
  4. Berdasarkan data Kementerian Riset dan Teknologi tahun 2019, jumlah lulusan perguruan tinggi di Indonesia mencapai 1.003.316 orang, terdiri dari 433.722 lulusan PTN dan 569.594 lulusan PTS.
  5. Berdasarkan data Kementerian Riset dan Teknologi tahun 2019, jurusan dengan jumlah lulusan perguruan tinggi terbanyak di Indonesia adalah pendidikan (197.894 orang), ilmu sosial dan politik (136.751 orang), serta ekonomi dan bisnis (134.833 orang). (Z-1)

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda