MySQL : Pengertian, Sejarah, dan fungsinya

Dibuat oleh : Operator (460 hari yang lalu)

Tahukah kalian dalam sebuah kerja sebuah web ada juga yang namanya database atau yang akan di bahas kali ini yaitu MySQL Nah simak dibawah ini pengertian sejarah serta fungsi dari MySQL.

Berikut ini pembahasan lebih lengkapnya :

Pengertiannya
Merupakan tool yang dipakai khusus untuk mengolah Structured Query Language. SQL sendiri adalah sebuah bahasa yang dipakai untuk mengakses baris data relasi. Gampangnya yaitu untuk mengakses bahasa dalam komputer. Sebab SQL dan juga MySQL sifatnya khusus, jadi cuma orang-orang yang berkecimpung dalam dunia IT lah yang familiar atau tak asing lagi  dengan bahasa ini.

Sejarahnya
MySQL dimulai dari tahun1979 saat seorang prgramer komputer yang bernama Michael “Monty” Widenius mengembangkan suatu sistem database sederhana yang olehnya diberi nama UNIREG. Ketika penelitian ini dilaksanakan Monty merupakan pekerja di perusahaan bernama TcX di Swedia. Dan juga ternyata, pengembangan yang dilaksanakan Monty membuahkan hasil yang bagus.

Tahun 1995, MySQL Dirilis
Dari penolakan tersebut lalu TcX yang didalamnya ada Monty mengembangkan sendiri konsep sistem database yang baru. Dia mengembangkan sistem database gabungan UNIREG dan juga mSQL. Jadinya pada tahun 1995, sebuah RDBMS baru lahir yang kemudian diberikan nama MySQL. Pada tahun 1995 pula, tidak ada lagi nama TcX sebab sudah berubah menjadi MySQL AB. AB ialah singkatan untuk Aktiebolag / istilah PT di Swedia.

Fungsinya
Untuk yang sudah terbiasa memakai SQL, pasti tahu betul apa fungsi MYSQL. Secara umum, MYSQL mempunyai fungsi untuk membuat, mengelola dan serta mengakses database secara terstruktur dan juga otomatis. Kemampuan paling menonjol MySQL terletak pada kemampuanya pada pengelolaan sesuatu data secara String yang dapat diakses pribadi ataupun umum dalam sebuah web site.

Baca juga : Ketahuilah Beberapa Sifat dari Seorang yang Jenius 

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda