Simak Manfaat dari Menjaga Lisan

Dibuat oleh : Operator (442 hari yang lalu)

Simak Manfaat dari Menjaga Lisan

Tentu kita pernah mendengar ungkapan, “Mulutmu Harimaumu!”. Dan yang dimaksud dari ungkapan itu sebenarnya begitu sederhana, bahwa ternyata apa yang akan kita keluarkan dari mulut kita, adalah kata-kata dengan bentuk apapun, bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menyakiti hati dari orang lain. Maka dari itu, kita sebagai umat Islam haruslah sangat berhati-hati untuk bertutur kata. Bisa jadi sebuah permusuhan yang awalnya dari sebuah candaan yang menyakitkan hati.

Berikut ini manfaat yang akan kita peroleh saat kita bisa menjaga lisan kita saat berbicara.

1. Allah SWT akan menjamin Surga

Jaminan apa yang sangat kita ingin dapatkan dari Allah SWT selain dengan SurgaNya? Sebaik-baiknya tempat kembali, dimana semua keabadian yang akan kita nikmati pada kebahagiaan serta kenikmatan yang tak terkira lagi. Dan bagi seorang shalih yang bisa menjaga lisannya untuk selalu dipergunakan dalam menyampaikan kebaikan, ataupun lebih baik diam daripada menyuarakan hal-hal keburukan, maka Surga lah yang akan menjadi jaminan dari Allah SWT untuk mereka.

2. Terhindar dari Api Neraka

Pada sebuah hadits disebutkan, “Takutlah pada neraka, walau dengan sebiji kurma. Jika kamu tak punya maka katakanlah yang baik.” (Mutafaq ‘alaih). Yang dimaksud dari hadits itu yaitu bahwa Allah telah menciptakan neraka sebagai bentuk dari balasan bagi mereka yang suka dengan berbuat keburukan serta kerusakan selama hidupnya di dunia, termasuk berkata kufur kepada atau tentang Allah SWT.

3. Menunjukkan Kemuliaan

Seseorang yang selalu menjadi tauladan yang terbaik kita, Rasulullah SAW, sudah mencontohkan bagaimana orang begitu menghormati serta memuliakan beliau dikarenakan terjaganya lisan beliau. Ya, julukan Al-Amin yang merupakan sebuah julukan yang tidak main-main. Julukan yang berarti “Orang Jujur” tersebut disematkan kepada Rasulullah sejak beliau masih muda, baik pada kaum Muslimin maupun kaum kafir mengakui kejujuran serta kesantunan dari tutur kata Rasulullah SAW.

4. Merupakan Sedekah

Sedekah ataupun pemberian tidak hanya berputar pada harta, tetapi juga pada sebuah kebaikan yang muncul dan kita akan berikan pada orang lain di sekitar kita dengan hangat dan juga tulus. Salah satunya yaitu dengan apa yang kita ucapkan. Rasulullah SAW pernah mengatakan, “Sampaikanlah walau satu ayat.”, dimana hal itu merupakan sebuah perintah kepada kita untuk selalu dapat menyampaikan kebaikan meskipun itu hanya sedikit.

5. Lebih dekat dengan Allah SWT

Menjaga lisan selalu dengan mengatakan kebaikan, bisa membuat hati kita menjadi tenang, karena merasa bahwa Allah telah meridhoi apa yang kita lakukan. Tentunya hal tersebut memanglah benar, dikarenakan Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan serta meninggalkan keburukan yang tidak bermanfaat baginya.

Baca juga Ketahuilah Tata Cara Debat yang Benar

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda