Ketahuilah Tata Cara Debat yang Benar

Dibuat oleh : Operator (443 hari yang lalu)

Ketahuilah Tata Cara Debat yang Benar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengartikan debat sebagai sebuah pembahasan untuk pertukaran pendapat tentang suatu hal dengan saling memberikan berbagai alasan untuk bisa mempertahankan pendapatnya masing-masing

Debat sering kali dianggap dengan kegiatan yang negatif dikarenakan dilihat sebagai pembicaraan yang panas serta penuh dengan emosi. Padahal, pada dasarnya debat tidaklah terlihat seperti yang dipikirkan itu jika dilakukan dengan benar, bahkan kamu dapat mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan berdebat.

Dalam berdebat juga tidak diperbolehkan untuk dilakukan dengan sembarangan. Terdapat tata cara debat yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Memahami serta menjalani peraturan debat yang sudah disepakati bersama. Jika terdapat anggota debat yang melanggar peraturan, maka akan ada pengaruh nya kepada timnya. 
2. Disarankan dengan menyampaikan pertanyaan dengan cara profesional, tidak menghina, menguji, ataupun merendahkan lawan. Pertanyaan harus berfokus dengan permasalahan yang sedang dibahas. Tidak diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan yang menyerang lawan secara pribadi. 
3. Ajukan argumen dengan analitis yang kritis, sistematis, dan juga kemampuan retorika dengan cara yang baik ataupun tidak terbata-bata.
4. Kenali serta pahami kelemahan ataupun kelebihan dari lawan sebelum menyampaikan gagasan. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menyusun strategi debat yang tepat hingga efektif untuk menyangkal serta memengaruhi lawan, bahkan seluruh peserta debat. 
5. Batasi argumen yang akan disampaikan, maksimal tiga poin dikarenakan adanya keterbatasan waktu. Susun argumen pada poin yang singkat serta lugas, dan juga merujuk langsung pada permasalahan yang sedang didebatkan. 
6. Pahami dengan baik kesalahan saat berpikir lawan, yang terutama pada penyelesaian masalahnya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk dapat mengetahui kelemahan argumentasi yang diberikan kepada lawan.
7. Gagasan yang disajikan haruslah akurat serta bisa dipertanggungjawabkan. Sertakan juga data yang valid untuk bisa mendukung argumentasi maupun gagasan yang akan disampaikan.
8. Buatlah sebuah kesimpulan yang menunjukkan pernyataan yang final dengan kalimat yang lugas serta langsung menuju pada titik celah lawan. Penyampaian kesimpulan tidak perlu yang terlalu panjang, cukup dengan beberapa poin yang menegaskan argumentasi serta disampaikan dengan tegas untuk bisa menunjukkan rasa percaya diri bahwa argumentasi tersebut adalah benar. 

Baca juga Tema dan Logo Harlah IPPNU yang ke-67

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda