Manfaat Adanya Solidaritas pada Masyarakat

Dibuat oleh : Operator (445 hari yang lalu)

Manfaat Adanya Solidaritas pada Masyarakat

Solidaritas merupakan kohesi yang ada diantara anggota suatu asosiasi masyarakat, kelompok, kelas sosial, kasta serta diantara berbagai individu juga kelompok ataupun kelas-kelas yang membentuk masyarakat pada bagian-bagiannya yang sebagai satu kesatuan yang begitu kuat dan juga solidaritas yang merupakan tentang kesetiakawanan. Hal tersebut sebagimana yang dijelaskan oleh Soerjono Soekanto sebagai salah satu daei pakat ilmu sosial yang ada di Indonesia. solidaritas merupakan sikap yang harus dikembangkan pada siapa saja dikarenakan memiliki manfaat yang sangat banyak sekali.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat Yanga akan didapatkan ketika solidaritas tercipta dan terjaga diantara sesama:

Terjaganya Rasa Persaudaraan/Pertemanan

Adanya beragam bentuk persoalan dan juga pertamanan yang ada pada kehidupan akan dapat terjaga dengan baik apabila mempunyai solidaritas yang tinggi. Hal tersebutlah yang menjadi stimulus untuk setiap organisasi masyarakat yang di dorong untuk mempunyai solidaritas yang tinggi.

Munculnya Rasa Kepedulian

Rasa kepedulian yang ada pada kehidupan masyarakat pasti terjadi jika mempunyai solidaritas. Kepedulian ini sebagai contohnya terhadap sesama teman, keluarga maupun orang lainnya. Hingga bisa memperkuat kesatuan dan persatuan pada kehidupan. kepedulian yang berlebihan pada diri sendiri akan membawa dampak dengan sikap percaya pada diri sendiri serta juga pada sikap yang lainnya.

Sebagai contoh yang nyatanya saja suatu ketika di Indonesia sebagai salah satu arti negara yang berkembang dan kerapkali mendapatkan beberapa masalah bencana alam yang selalu mendapatkan perhatian yang baik dari masyarakat Indonesia sendiri maupun pada masyarakat dari negara yang lain. Kondisi ini akan muncul lantaran Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan tingkat kepedulian yang tinggi.

Lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Manfaat yang lainnya pada solidaritas di masyarakat akan terjadi jika secara intens maka akan menimbulkan sikap kepekaan yang tinggi. Kondisi tersebut yang menjadi salah satu penguat hukum dan juga penguat terjadinya rasa kepedulian anyar sesama masyarakat.

Terjalinnya Kekompakan

Kompak adalah salah satu perilaku yang didorong untuk bisa menciptakan tujuan secara mudah. Kompak ini menjadi kehendak bersama yang didasari pada tujuan yang sama juga. Hingga diyakini pada semua pihak bahwa dengan kekompakan pada seseorang bisa dengan mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Menjaga Tali Persaudaraan

Manfaat yang selanjutnya adalah dengan tercapainya solidaritas pada kehidupan masyarakat yaitu dengan terciptanya tali persaudaraan. Hubungan persaudaraan tersebut menjadi salah satu kehendak masyarakat yang begitu didambakan. Lantaran bisa memperkuat persatuan juga kesatuan saat menjaga identitas nasional.

Baca juga Tips Membuat Cover Letter

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda