Simak Sejarah dari Hari Kehakiman Nasional

Dibuat oleh : Operator (444 hari yang lalu)

Simak Sejarah dari Hari Kehakiman Nasional

Apakah kalian mengetahuinya bahwa hari ini tepat tanggal 1 Maret ini tengah diperingati sebagai Hari Kehakiman Nasional. Hari yang begitu penting untuk deretan para hakim di Indonesia. Apakah kalian mengetahui bagaimana sejarahnya? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Sejarah dari Hari Kehakiman Nasional sebenarnya lumayan panjang serta diperjuangkan oleh beberapa tokoh. Nama yang cukup mencuat yaitu Soebijono yang dimana pada tahun 1951 menjabat menjadi Ketua Pengadilan Negeri (PN) di Malang. Bersama Hakim Sutadji, S.H, ia tengah menentang perlakukan eksekutif yang menganggap serta memperlakukan hakim sebagai warga kelas dua.

Hal tersebut lantas yang mendasari terbentuknya IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia), para hakim yang tidak terima dengan diperlakukan yang buruk, memperjuangkan supaya hak serta kesejahteraan hakim diperhatikan.

Dari situlah pada tanggal 1 Maret lahirlah Hari Kehakiman Nasional. Hari tersebut yang diharapkan dapat mengapresiasi kerja-kerja hakim yang memiliki berisiko yang cukup berat. Yang diperjuangkan dan terutama pada gaji yang layak serta protokoler yang setara dengan para pejabat.

Sebagai seorang hakim tentunya selalu dengan membela sebuah kebenaran, kejujuran. Menjadi seorang hakim tidaklah mudah dimana mereka diharuskan untuk membela pihak mereka. Mencari berbagai bukti pun juga sangatlah sulit.

Nah, itulah penjelasan singkat dari sejarah lahirnya Hari Kehakiman Nasional ini. Teruntuk para hakim tetaplah semangat yang teruslah membela kebenaran dengan kejujuran dan ketulusan hati.

Walaupun saat ini banyak sekali kasus yang terjadi pada para artis papan atas tentunya tetap berpegang teguh pada sebuah kebenaran karena itu akan menyangkut pada karir sang hukum.

Baca juga 4 Fakta Tentang Jurusan Pendidikan

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda