Cara Atasi Ngantuk Saat Belajar

Dibuat oleh : Operator (331 hari yang lalu)

Belajar adalah kegiatan sehari-hari yang normal. Meski demikian, rasa kantuk terkadang muncul meski sudah cukup tidur dan mengganggu konsentrasi saat belajar. Karena itu, Anda mungkin ingin mencari cara untuk menghilangkan rasa kantuk saat belajar. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat belajar? Untuk memuaskan rasa penasaran Anda, simak pembahasan di bawah ini untuk tips agar tidak ngantuk saat belajar. 

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kurang tidak menjadi salah satu faktor penyebab datangnya rasa kantuk saat sedang belajar. Oleh sebab itu, Anda perlu mencukupi waktu istirahat dan tidur dalam seharinya.  Anda disarankan untuk tidur selama 7 sampai dengan 8 jam setiap malam hari. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membiasakan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga di pagi atau sore harinya. Demikian beberapa cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang dapat Anda lakukan dengan mudah.  Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengembalikan fokus yang hilang ketika sedang belajar.

Belajar di Tempat yang Cahayanya Memadai

Belajar di tempat yang cahayanya memadai juga bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa ngantuk. Hal ini disebabkan tubuh akan memberikan respon berbeda terhadap cahaya terang dan membuat mata jadi lebih terjaga. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa protein dalam metabolisme akan bekerja ketika tubuh terkena sinar cahaya. Di samping itu, belajar di tempat yang cahayanya memadai juga akan membantu mata untuk lebih fokus dalam menerima informasi dari suatu bacaan.

Posisi Duduk Tegak

Duduk dengan posisi tegak adalah cara menghilangkan ngantuk saat belajar pertama. Posisi tersebut lebih disarankan daripada duduk bersandar atau bahkan berbaring. Posisi duduk tegak diketahui dapat meningkatkan aktivitas saraf simpatetik dalam tubuh. Saraf simpatetik tersebut berfungsi untuk mengendalikan otak supaya tetap fokus dalam melakukan sesuatu.

Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat adalah salah satu cara agar tidak ngantuk saat belajar yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum belajar, Anda disarankan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks, vitamin, dan protein tinggi. Jadi, otak dapat bekerja dengan baik dan tidak mudah merasa ngantuk. Ketika belajar, otak juga memerlukan sumber glukosa yang dapat diolah menjadi energi. Contoh beberapa makanan sehat untuk Anda konsumsi sebelum belajar di antaranya yaitu yogurt, buah-buahan segar, ubi jalar, dan lain sebagainya.

 

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan di Kompetisi Online Terspektakuler, dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjang Juara.comKompetisi Nasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda