Fungsi Mempelajari Sejarah pada Kehidupan

Dibuat oleh : Operator (446 hari yang lalu)

Fungsi Mempelajari Sejarah pada Kehidupan

1. Membantu memahami identitas

Manfaat yang pertama tentang mempelajari sejarah yaitu bisa membantu saat memahami identitas. Identitas yang dimaksud bisa berkaitan dengan banyak hal yang berbeda tentunya.

Dari identitas negara, keluarga, kelompok maupun organisasi konstituen. Bagaimana itu dapat berkembang dari waktu ke waktu untuk membentuk sebuah identitas sebagai gambaran umum yang baia dilihat.

2. Membantu memahami peristiwa terkini

Keuntungan dalam mempelajari lebih banyak sejarah yaitu bisa membantu kita untuk memahami peristiwa terkini. Pada hal ini, berbagai jenis peristiwa sejarah yang telah terjadi di masa lalu bisa menjadi cerminan dari apa yang telah terjadi pada saat ini.

Contohnya, bagaimana perang yang terjadi di Eropa menjadi hal penting juga mempengaruhi seluruh dunia. Bagaimana Hitler memperoleh serta mempertahankan kekuasaannya dalam  mempengaruhi pembentukan pada sistem politik dunia pada saat ini.

3. Menjadi  warga negara yang berwawasan

Minat belajar sejarah juga tidak kalah pentingnya, yakni dapat mampu menjadikan warga negara yang berwawasan luas. Sejarah bisa membantu seseorang untuk menjadi warga negara yang lebih terinformasi lewat kemudahan akses yang bisa dipunyai seseorang saat ini.

Pengetahuan tersebut dapat membantu seseorang  berperan aktif pada forum politik lewat debat pendidikan serta dengan menyempurnakan keyakinan dasar pada masyarakat. Lewat pengetahuan sejarah, warga bahkan juga bisa mengubah sistem kepercayaan lama yang dianutnya sebelumnya.

4. Mengetahui peristiwa atau kejadian masa lalu

Keuntungan dalam mempelajari sejarah yang selanjutnya yaitu dengan mengetahui dengan rinci juga tepat apa, siapa, kapan, di mana, serta dampak dari peristiwa itu. Dengan cara tersebut kita bisa menambah informasi serta pengetahuan mengenai fakta ataupun peristiwa  tertentu.

5. Terinspirasi oleh masa lampau atau sejarah

Pada cerita ataupun cerita mengenai suatu peristiwa sejarah juga bisa dijadikan inspirasi untuk seseorang atupun bahkan untuk suatu negara. Sebagai contohnya, Indonesia yang sudah dijajah selama ratusan tahun perlu untuk terinspirasi oleh peristiwa yang bersejarah ini supaya bertindak lebih baik.

Inspirasi yang dimaksud bisa saja berupa sebuah pikiran ataupun tindakan, peristiwa atau kejadian, seni, budaya juga karya lainnya. Kisah-kisah sejarah mengenai para pahlawan yang membela tanah air mereka juga dapat menjadi sumber inspirasi yang bagus.

Baca juga 4 Dampak dari Pemanasan Global untuk Makhluk Hidup

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda