Tips Untuk Kalian yang Ingin Menang Olimpiade

Dibuat oleh : Operator (456 hari yang lalu)

Supaya bisa mengerjakan soal-soal yang ada pada olimpiade dengan maksimal, setiap peserta didik disarankan melakukan persiapan yang matang serta merencanakan cara belajar yang sangat efektif dan sesuai dengan bidangnya  masing-masing. Berikut ini beberapa tips untuk kalian yang akan mengikuti olimpiade OSN :

Mengumpulkan Sumber Daya yang Dibutuhkan

Yang pertama untuk menaklukan soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) yaitu dengan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Diantaranya yaitu dengan mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan, serta yang paling penting yaitu mengerti tentang batasan materi.

Rajin Berlatih

Dan yang selanjutnya, jika kamu sudah sudah mengetahui batasan materinya, kamu juga harus rajin untuk berlatih. Selain bisa mengasah kemampuan, berlatih juga bisa memberimu gambaran tentang berada di manakah level pengetahuan yang kamu miliki.

Ingat Esensi, bukan Keseluruhan Materi

Setelah itu, hal yang perlu untuk kamu persiapkan setelah mengetahui batasan materi dan berlatih, yaitu mengingat esensi dari materinya, bukan keseluruhan dari materi. Pelajari konsep-konsep serta materi-materi dasarnya, saja. Dikarenakan jika kamu belum benar-benar paham berkaitan dengan apa yang ada pada konsep dan materi dasar, maka kamu juga sudah pasti tidak akan bisa untuk memahami materi-materi lebih lanjut.

Kerjaan Soal-Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Pada sistem dalam mengerjakan soal-soal Olimpiade Sains Nasional yaitu dengan adanya tenggat waktu saat mengerjakannya. Supaya lebih efektif, kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah. Dikarenakan, jika kamu terpaku dengan satu soal yang sulit, waktumu akan terbuang dengan sia-sia.

Jaga Kesehatan Fisik

Dan yang terakhir yaitu, kamu perlu untuk menjaga kesehatan fisikmu supaya tetap fit sampai kompetisi selesai. Jika fisikmu telah merasa kelelahan, maka istirahatlah sebentar.

Hindari berlatih dengan terlalu keras sampai membuatmu sakit. Lebih baik berlatih sebentar namun konsisten, daripada kamu harus berlatih sekali tapi memaksakan dirimu untuk begadang semalaman. Itu sangat tidak sehat. 

Baca juga Solusi Buat Kamu yang Salah Jurusan

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda