Kegunaan Internet Dalam Bidang Pemerintahan Di Dunia IT

Dibuat oleh : Operator (555 hari yang lalu)

Internet atau dikenal dengan Interconnectted Network adalah suatu sistem komuikasi dimana secara global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Internet dapat diartikan sebagai sebuah jaringan komputer yang terhubung antara satu sama lain yang bisa menjadi sebagai pertukuaran arus informasi anatara satu dengan yang lainnya.

INTERNET ini memiliki kegunaan yang bertujuan supaya memudahkan kehidupan manusia dalam situs Pemerintahan, sebagai berikut: 

  1. Sebagai Media Penerima Aspirasi Masyarakat: Manfaat utama pada internet di bidang pemerintahan yaitu sebagai media menerima aspirasi dari masyarakat khususnya bagi pemerintahan daerah, yang bisa menyalurkan aspirasi, kritik, dan sarana melalui websute yang resmi di pemerintahan
  2. Sebagai Media Informasi Resmi: Informasi yang dikeluarkan atau dipubliskan oleh pemerintah bisa dimanfaatkan sebagai sarana informasi yang resmi, informasi yang dipublikasikan bisa melalui website resmi dan media sosial yang resmi milik pemerintah. Sehingga para masyarakat atau pengunjung dapat melihat data-data atau struktur yang resmi untuk pemerintahan yang dicantumkan dalam website-website resmi pemerintahan. 
  3. Sebagai Media Untuk Promosi: Manfaat Internet di bidang pemerintahan yang selanjutnya untuk sarana atau sebagai media promosi di daerahnya. Internet di bidang pemerintahan membuatkan benefit yang menguntungkan, hal ini dikarenakan internet yang dpat dengan mudah menjadi media promosi potensi antar daerah pemerintahan mulai dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat provinsi
  4. Memudahkan Sistem Administrasi: Pemerintahan yang biasanya memiliki website untuk membuat fasilitas tentang pengelolaan data secara online. Hal ini bisa mempermudah untuk sistem administrasi antar instansi pemerintah, kemudahan ini membuat proses laporan pada keuangan, kepegawaian, dan administrasi, pelaporan menjadi jauh lebih cepat dan efektif. 
  5. Mempermudah Berkodinasi Dalam Suatu Kegiatan Pemerintahan: Pada masa saat ini Koordinasi antara atasan dan bawahan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat melalui jangkauan internet, dan bagi bawahanya tidak usah lagi untuk mengirim tugas dengan cara langsung atau beratatap muka namun hanya berupa laporan kegiatan yang telah dibuat dan dengan hanya melalui sebuah sistem administrasi tersebut sudah terhubung kepada atasannya. Hal ini akan sangat berguna pada sistem pemerintahan karena dapat mempermudah dan mempercepat antar koordinasi kegiatan di bidang pemerintahan.

 

 

 

 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda