Belajar Standar dari Kode Etik yukk!!

Dibuat oleh : Operator (472 hari yang lalu)

Belajar Standar dari Kode Etik yukk!!

Disusun dari Association of Computing Machinery (ACM), dan didesain untuk memberikan inspirasi juga petunjuk untuk seluruh tenaga professional pada bidang IT. Selain itu, kode etik juga berfungsi menjadi dasar dalam perbaikan saat terjadi kecelakaan kerja. Kode ini disusun dari beberapa prinsip tanggung jawab yang berperan untuk pengambilan atau menentukan keputusan dalam kondisi tertentu.

Nah kita akan mempelajari prinsip yang pertama yaitu prinsip umum/ dasar etika sebagai berikut.

Prinsip Umum/Dasar Etika (General Ethical Principles)

Bagian ini adalah bagian dasar dari sebuah kode etik, yang dimana seorang tenaga komputasi professional harus bersedia untuk :

1. Memberikan kontribusi kepada masyarakat serta berperikemanusiaan, juga mengakui jika semua orang mempunyai peran dalam komputasi.

2. Menghindar dari bahaya juga hal yang merugikan seperti, terluka secara fisik ataupun mental, perilaku yang menghancurkan ataupun mengungkapkan informasi, merusak properti reputasi dari lingkungan, dan lain sebagainya. Sebagai tambahannya, seorang profesional IT memiliki hak dan wajib menyampaikan resiko bahaya dari sebuah sistem yang mungkin terjadi.

3.Jujur dan bisa dipercaya, seorang profesional IT memiliki perilaku transparan dari dirinya, seperti kapabilitas, keterbatasan, kemampuan, potensi, juga lisensi.

4. Memiliki perilaku yang adil dan tidak mendiskriminasi.

5. Menghargai juga menghormati pekerjaan serta ide sesama tenaga professional IT. Hal ini bisa ditunjukkan dengan perilaku toleran dan berkontribusi pada sebuah inovasi, juga menghargai kredit ataupun copyright pada suatu karya.

6. Menghargai serta memberikan ruang privasi. Aspek ini begitu penting untuk profesional IT mengingat pekerjaan yang mereka lakukan yaitu memantau, mengumpulkan, ataupun membangun sesuatu yang berkaitan dengan informasi pribadi seseorang ataupun perusahaan, hingga tenaga IT tidak diperkenankan untuk menyalahgunakan informasi yang membahayakan atau melukai orang lain.

7. Menghormati serta menjaga kepercayaan yang diberikan.

Itulah prinsip yang pertama. Semoga bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk menerapkannya.

Baca juga Kenali Kekurangan Pada Topologi Jaringan Mesh

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda