Cara Menjaga Lingkungan dengan Pelestarian

Dibuat oleh : Operator (429 hari yang lalu)

Cara Menjaga Lingkungan dengan Pelestarian

Bumi merupakan salah satu planet yang ada pada sistem tata surya yang mempunyai permukaan yang tidak rata. Dikarenakan relief permukaan yang tidak rata itulah, bumi memiliki beragam ekosistem. Ada juga ekosistem bumi yang terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem darat dan juga ekosistem air.

Ekosistem darat terdiri atas hutan hujan, hutan gugur, sabana, padang rumput, tundra, taiga, serta karst. Sedangkan ekosistem air yaitu sungai, rawa, danau, pantai, serta laut dalam.

Rusaknya lingkungan hidup terjadi dikarenakan ulah manusia yang kurang, atau bahkan tidak sadar tentang pentingnya kelestarian lingkungan. Upaya yang dapat untuk menjaga kelestarian tersebut bisa di mulai dari rumah dengan melakukan beberapa hal dibawah ini.

1. Menggunakan Air Seperlunya

Air sangatlah penting untuk kehidupan makhluk hidup. Supaya pasokan air bisa terus mengalir, haruslah untuk menggunakan dengan seperlunya saja.

2. Menggunakan Kertas Seperlunya

Kertas dibuat dari serat pepohonan. Oleh karena itu, gunakan kertas dengan seperlunya serta seefektif mungkin. Kamu juga bisa untuk menggunakan kertas daur ulang hingga bisa mengurangi sampah kertas.

3. Menggunakan Listrik Seperlunya

Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu dengan menggunakan listrik dengan seperlunya saja. Kamu bisa menggunakan lampu TEL atau LED yang memiliki daya rendah serta mematikan listrik pada saat siang hari atau pada saat tidak digunakan.

4. Menghemat Bahan Bakar

Hasil pembakaran dari bahan bakar bisa merusak lingkungan. Dan pada saat ini, mulailah kamu untuk menghemat bahan bakar dengan cara bersepeda, jalan kaki, maupun dengan menggunakan kendaraan umum. Supaya lingkungan kita tetap terjaga dengan baik.

5. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Detergen juga plastik yang menjadi sebuah penyumbang terbesar yang bisa merusak lingkungan. Bahan-bahan kimia yang terkandung pada dalamnya begitu berbahaya juga sulit untuk diuraikan. Mulai saat ini, gunakanlah detergen yang ramah dengan lingkungan juga kantong belanja yang bisa digunakan berkali-kali.

6. Memisahkan Sampah

Dan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, kamu bisa memisahkan sampah jadi sampah anorganik, sampah organik, serta sampah kaca maupun logam. Sampah anorganik serta sampah kaca atau logam bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan, dan pada sampah organik bisa dijadikan sebagai sebagai pupuk kompos.

7. Tidak Menggunakan Peralatan Yang Mengandung CFC

CFC (klorofluorokarbon) merupakan senyawa yang terdiri dari klorin, fluorin, serta karbon. CFC sering digunakan untuk bahan pendingin, bahan pelarut, serta bahan propelan. Jika digunakan dengan terus-menerus, senyawa ini bisa merusak lapisan ozon.
Banyak sekali peralatan rumah tangga yang mengandung CFC, seperti AC, lemari pendingin, serta pengering rambut. Dan untuk upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, kamu bisa menggunakan peralatan tersebut yang tidak ber-CFC.

Itulah beberapa upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di area rumah. Dengan begitu, kelangsungan hidup pada makhluk hidup bisa berjalan dengan seimbang.

Baca juga Manfaat Persahabatan bagi Kesehatan Mental

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda