Fakta Unik Tentang Sains

Dibuat oleh : Operator (353 hari yang lalu)

Masih banyak fakta ilmiah yang mungkin belum kita ketahui, bahkan beberapa di antaranya tidak terdapat dalam pelajaran sekolah. Apa saja fakta unik tentang sains yang tidak diketahui banyak orang?  

  1. Ada lebih banyak pohon di bumi daripada bintang di galaksi kita 
    Pakar NASA memperkirakan bahwa mungkin ada 100 hingga 400 miliar bintang di Bima Sakti. Namun, sebuah artikel tahun 2015 di jurnal Nature memperkirakan bahwa jumlah pohon di dunia jauh lebih tinggi yaitu 3,04 triliun. 
  2. Oksigen memiliki warna
    Sebagai gas, oksigen tidak berbau dan tidak berwarna. Namun dalam bentuk cair dan padat, oksigen berwarna biru muda.
  3. Pisang bersifat radioaktif
    Pisang mengandung potasium, dan saat potasium terurai, pisang menjadi mudah radioaktif. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Menurut Forbes, Anda harus makan 10.000.000 pisang sekaligus untuk mati karena keracunan radiasi. 
  4. Air panas membeku lebih cepat daripada air dingin
    Para ilmuwan sekarang percaya bahwa ini karena partikel air memiliki posisi tertentu saat panas, yang membuatnya lebih mudah membeku. Jika temuan ini terbukti benar, bisa juga berdampak pada kehidupan sehari-hari, misalnya pada pendinginan perangkat elektronik
  5. Air dingin memanas lebih cepat daripada air panas
    Penemuan ini juga dilakukan oleh para peneliti yang mempelajari penyebab fenomena Mpemba. Mereka secara mengejutkan menyebut fenomena itu sebagai efek Mpemba terbalik. 
  6. Manusia memiliki hubungan dengan jamur
    Sebuah studi University of Cambridge tahun 2015 menunjukkan bahwa manusia mungkin telah berevolusi menggunakan gen tumbuhan. Berdasarkan temuan tersebut, para ilmuwan berasumsi bahwa sekitar satu persen genom manusia dapat diperoleh dari tumbuhan, seperti dilansir The Telegraph.

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda