Beberapa Topologi Jaringan Pengertian, Kelebihan, dan Kesimpulan

Dibuat oleh : Operator (486 hari yang lalu)

Topologi jaringan menjadi salah satu cara dan konsep untuk menghubungkan beberapa atau lebih banyak komputer, menjadi satu jaringan yang saling terkoneksi. Nah tahukah kalian apa saja macam topologi jaringan itu. Simak beberapa topologi jangaringan pengertian, kelebihan, kesimpulannya.

Berikut ini beberapa macamnya :

Pengertian 
Topologi ring 
Sebuah topologi jaringan komputer yang dimana setiap node terhubung atau berhubung ke dua node yang lainnya (1 node yang terhubung ke 2 node), jadinya berbentuk alur lingkaran atau cincin.

Kelebihan 
- Mudah untuk melaksanakan pelacakan dan juga pengisolasian kesalahan dalam jaringan sebab memakai konfigurasi point to point
- Tak akan terjadi tabrakan pengiriman data atau collision, sebab pada satu waktu cuma satu node yang bisa mengirim data.
- Tarif instalasi yang cukup murah atau hemat kabel
- Mudah untuk melaksanakan konfigurasi ulang dan juga instalasi perangkat yang baru.

Kesimpulan
Umumnya, seluruh perjalanan pesan melewati topologi ring memakai arah yang sama. Topolgi ring mepunyai skema kabel jaringan di mana satu kabel secara berurutan menghubung seluruh node dan juga membentuk loop tertutup.

Pengertian 
Topologi Bus
ialah metode transmisi pada jaringan yang bisa digambarkan sebagai transmisi yang memakai kendaraan umum (Bis/Bus), oleh karena itu jaringan ini digolongkanlah sebagai komunikasi bersama.

Kelebihan
- Bila sebuah komputer gagal dalam jaringan, jaringan yang lainnya tak terpengaruh dan mereka terus bekerja. Jaringan bus mudah dibuat dan juga begitu sederhana.
- Pengembangan jaringan / penambahan workstation baru bisa dilaksanakan dengan mudah tanpa mengusik workstation yang  lain.
- Jaringan bus memakai sedikit jumlah kabel atau hemat kabel maka hemat biaya dan begitu simpel.

Kesimpulan
Jaringan ini dianggap yang paling mudah dalam mengaplikasikannya dan juga dalam hal memberi solusi akan keperluan jaringan yang mendesak. Salah satu keuntungan utama dari topologi bus ialah sebab ada master bus jaringan yang menjamin bahwasanya data mengalir dalam arah yang benar lan tertib.

Baca juga : Mengenal Topologi Star Bagi Seorang Pelajar

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda