Begin With The End In Mind dan Put First Think First

Dibuat oleh : Operator (472 hari yang lalu)

Begin with the end in mind yang merujuk pada tujuan akhir dalam arti memulai dengan pengertian yang jelas tentang tujuan anda atau ide yang diucapkan atau di sampaikan telah dilakukan pengkajian pada sebelumnya baik untung atau rugi.

Dengan menentukan tujuan yang ingin anda tuju, maka anda akan memilah-milah langkah yang akan ditempuh, langkah tersebut akan membantu kita mencapai tujuan atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya ditinggalkan lalu mencari langkah atau perbuatan yang lebih efektif untuk mencapai tujuan. Intinya dengan menentukan tujuan awal akan meminimalisasi langkah yang tidak perlu saat mencapai tujuan. Pada tingkatan pertama inilah, kebiasaan kedua menjadi penting, karena kejelasan pada pikiran untuk menggambarkan tujuan akhir akan mendorong lahirnya tingkat kedua. Sehingga pada setiap tindakan kita menjadi fokus dan terarah pada suatu tujuan yang telah ditentukan. Stephen Covey menyebutnya sebagai sebuah Mission Statement

Yang kedua adalah Put first things first yang dimana itu adalah Principal of personal management. habit ini yaitu tentang skala prioritas. Menekankan pentingnya memanfaatkan waktu dengan contoh kalau materi yang sebelumnya kita sudah tau tujuan atau arahnya mau kemana, sekarang waktunya menentukan skala prioritas apa yang harus kita lakukan terlebuh dahulu. Didasarkan pada perenungan serius dan mendalam tentang siapa diri kita, apa yang selama ini kita miliki, apa yang telah kita lakukan, semua kelebihan dan kelemahan yang kita miliki, dan arah hidup mana yang akan kita tempuh dengan tujuan hidup yang telah kita buat secara rinci menjadikan bahwa kita yakin dalam melangkah dan memprioritaskan hal yang utama.

baca juga ; Beberapa Ucapan Selamat Hari jadi Nahdlatul Ulama

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda