Fungsi Struktur Organisasi Dalam Perusahaan

Dibuat oleh : Operator (555 hari yang lalu)

Struktur dalam organisasi diciptakan agar perusahaan berjalan sesuai dengan fungsi masing-masing jabatan. Struktur organisasi secara jelas bisa memilah tanggung jawab dan wewenang anggota. Bukankah begitu pentingnya mempunyai struktur organisasi dalam perusahaan.

Berikut beberapa fungsi - fungsinya :

- Koordinasi
Koordinasi pula diperlukan agar menghindari adanya missed communication yang bisa memberikan dampak negatif untuk bisnis yang sedang berkemajuan dan bisa dipakai sebagai basic dalam penyelesaian pekerjaan yang memperlukan komunikasi antar jabatan.

- Jalur hubungan 
Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab, setiap anggota dalam organisasi wajib terlihat jelas hingga proses pekerjaan bisa lebih efisien dan saling memberikan keuntungan.

- Tanggung jawab
Setiap anggota dalam organisasi mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Bertimbun wewenang bisa menjadi masalah serius dalam sebuah struktur organisasi, contohnya seperti bila dalam sebuah perusahaan mempunyai dua pimpinan sekaligus bisa mengakibatkan adanya kebingungan dalam hal pengambilan pilihan cepat.

- Pengawasan
Pentingnya adanya struktur organisasi penting agar pengawasan dari seorang pimpinan terhadap bawahannya. Berhasil tujuan dari terdirinya suatu bisnis ialah mempunyai pengawasan rutin supaya melakukan evaluasi kinerja sesuai dengan tugas yang ada dan fungsi masing-masing anggota.
 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda