Perusahaa Perseorangan Bisnis paling Sederhana

Dibuat oleh : Operator (555 hari yang lalu)

Perusahaan perseorangan adalah bisnis paling sederhana yang dimiliki pemilik tunggal. Pengusaha perorangan yaitu pemilik dari perusahaan tersebut, dialah yang memiliki kendali penuh atas bisnis tersebut.

Setiap individu bisa membuat usaha perseorangan tanpa izin juga tata cara tertentu. Semua orang bebas untuk berkembang membuat bisnis personal tanpa batasan untuk mendirikannya. Tujuannya adalah untuk memperoleh laba. Kekayaan hasil perusahaan meliputi kekayaan pribadi dari pengusaha tanpa adanya pemisahan.

Pada umumnya perusahaan perseorangan modalnya kecil, terbatas jenis dan juga jumlah produksi, memiliki tenaga kerja yang sedikit dan juga menggunakan alat produksi teknologi yang sederhana. Contohnya adalah usaha-usaha kecil seperti penatu, salon kecantikan, bengkel.

Resiko dari pendiri perseorangan sepenuhnya adalah tanggung jawab sepenuhnya oleh pengusaha tunggal. Bentuk dari perusahaan perseorangan umumnya seperti toko, restoran, atau juga bengkel. Izinnya juga lebih mudah dan memerlukan lebih sedikit persyaratannya dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Pemerintah mengizinkan untuk mendirikan perusahaan tersebut dalam skala yang kecil sebagai salah satu strategi dalam pembangunan ekonomi negara.

Perusahaan perseorang memang terlihat sangat mudah jika dilihat dari mereka yang mendirikannya. Kelebihan juga kekurangan pun pasti dimiliki juga. Kelebihan dari perusaan perseorangan ada pada baian lama, pengambilan keputusan juga publikasi keuangan. Didalam perusahaan tersebut tidak ada pembagian laba. Laba seluruhnya akan diterima oleh pengusaha.

Dan sebaliknya, perusahaan ini memiliki kelemahan tentang tanggung jawabnya, modal yang mungkin dari cara berhutang, tenaga kerja, dan juga kelangsungan usaha. Tidak ada batasan dalam bertanggung jawab. Bila terjadi utang berjumlah besar, maka seluruh aset kekayaan pribadi akan menjadi jaminannya.

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda