Fakta Unik Tentang Kuda yang Jarang Diketahui

Dibuat oleh : Operator (409 hari yang lalu)

Fakta Unik Tentang Kuda yang Jarang Diketahui

Kuda adalah salah satu hewan yang banyak dimanfaatkan kekuatan tenaganya. Pada zaman dahulu, kuda yang digunakan sebagai alat transportasi dan juga pengangkutan beban berat sampai dengan ratusan kilogram. Kini seiring dengan berkembangnya zaman, selain dimanfaatkan sebagai sarana transportas, kuda juga dijadikan sebagai sarana olahraga. Bahkan berkuda adalah salah satu cabang olahraga yang dengan rutin dipertandingkan pada kejuaraan sampai pada tingkat dunia.

Olahraga berkuda juga bermanfaat untuk kesehatan kalau dilakukan dengan cara yang rutin. Berkuda akan melatih kardiovaskular, mental, juga meningkatkan fleksibilitas, membakar kalori sampai dengan menekan depresi.  Selain bermanfaat membantu aktivitas pada kehidupan manusia, ada beberapa fakta menarik mengenai kuda yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Berikut ini fakta unik menganai kuda yang sangat sayang untuk kalian lewatkan informasinya.

1. Tidur berbaring atau berdiri

Fakta menarik yang pertama, kuda merupakan hewan yang begitu fleksibel dalam hal tidur. Seekor kuda bisa dengan nyaman tidur pada posisi berbaring sama dengan hewan lain pada umumnya. Namun bukan hanya pada posisi berbaring saja, kuda juga dapat tidur selama berjam-jam dalam posisi berdiri.

2. Mempunyai mata besar

Kuda mempunyai penglihatan yang begitu tajam. Mata kuda yang mempunyai diameter sekitar 5 sentimeter serta termasuk sebagai mamalia darat yang mempunyai bola mata terbesar. Ukuran mata kuda ini sembilan kali lebih besar jika dibandingkan pada mata manusia.

3. Usia kuda bisa dilihat dari gigi

Rumput adalah makanan kuda yang mengandung pasir serta debu hingga gigi kuda lambat laun pasti akan mengalami aus. Tingkat keausan tersebut bisa menunjukkan umur dari kuda. Gigi kuda yang sebenarnya begitu panjang. Gigi hewan yang satu ini mirip dengan tongkat yang tertanam pada area tulang rahang.

4. Tertawa mempertajam penciuman

Mungkin sering diantara kita melihat atau mendengar pada saat kuda tertawa maupun tersenyum dengan menunjukkan deretan giginya. Faktanya hal tersebut merupakan gerakan kuda yang membantu indera penciumannya supaya dapat berfungsi dengan baik.

5. Banyak minum air

Kuda adalah salah satu hewan yang sangat doyan minum air. Hewan yang satu ini dapat minum 5 sampai 10 galon air di seiap harinya. Jumlah tersebut bisa jauh meningkat pada saat cuaca sedang panas. Jika kekurangan air, kuda dapat kehilangan selera makan maupun akan mengalami masalah pada kesehatan.

baca juga Tips Menjadi Seseorang yang Dewasa

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda