Kenali Ciri-ciri Karakteristik Topologi Bus

Dibuat oleh : Operator (480 hari yang lalu)

Kenali Ciri-ciri Karakteristik Topologi Bus. Pada pembahasan sebelumnya kita kan sudah membahas tentang apa sih topologi bus itu dan masih banyak lagi, dan sekarang yang terakhir kita akan membahas tentang ciri-ciri atau karakteristik yang ada pada topologi bus. Namun sebelumnya kalian harus mengetahui tentang pengertian apa itu topologi jaringan dalam kinerja telekomunikasi. 

Topologi jaringan dalam basis telekomunikasi ini ialah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang dimana satu dengan yang lainnya sehingga bisa membentuk jaringan, dan salam suatu jaringan telekomunikasi ada jenis topologi yang sudah dipilih dengan pengaruh kecepatan komunikasi. Namun untuk itu diperlukannya dicermati tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing topologi berdasarkan karateristiknya. Dan sekarang kita akan membahas karakteristik dari topologi jaringan berjenis bus, simak terus ya ulasannya!!!

Topologi bus atau biasa disebut dengan topologi backbone ini, yang dimana dengan ada sebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa komputer yang dihubungkan pada kabel tersebut, atau singkatnya sebuah kabel media transmisi yang dibentang dari ujung ke ujung yang kemudian kedua ujung ditutup dengan sebuah terminator atau terminating resistance.

Karakteristik Topologi Bus

  • Sangat sederhana dalam instalasi
  • Biaya yang sangat ekonomis dalam melaksanakannya
  • Tidak memerlukan hub, namun memerlukan Tconnector yang banyak di setiap Ethernet card
  • Node yang dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator
  • Paket-paket data yang saling bersimpangan pada suatu kabel yang ada
  • Masalah yang sering terjadi ialah jika salah satu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat down, dan akan menyebabkan seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut. 

Baca pembahasan seputar Topologi: Kenali Kekurangan Pada Topologi Jaringan Bus

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda