Kenali Dependen dan Contohnya

Dibuat oleh : Operator (461 hari yang lalu)

Kalau kemarin kita bahas tentang independen nah untuk hari ini kita bahas tentang dependen atau kebalikan dari independen untuk penjelasannya yuk simak !!

Dependen adalah kebalikan dari independen menurut KBBI dependen adalah tergantung atau tidak bisa berdiri sendiri dan sementara itu Cambridge Dictionary menjelaskan bahwa dependen sebagai membutuhkan sesuatu atau seseorang dalam hidup atau kegiatannya.

Pengertian dependen menurut beberapa ahli: 
1. Ketergantungan dalam Hubungan Internasional ketergantungan adalah situasi ketika kehidupan ekonomi negara dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi negara lain yang berarti tidak bisa berkembang dengan sendirinya. Ini adalah 3 bentuk ketergantungan •ketergantungan kolonial, yaitu bentuk penguasaan penjajah terhadap negara lain. Negara yang dijajah akhirnya ketergantungan terhadap negara penguasa •ketergantungan finansial, yaitu ketergantungan negara pinggiran terhadap negara lain dengan kekuatan finansial yang lebih kuat. •ketergantungan teknologi-industrial, yaitu bentuk ketergantungan baru yang tidak lagi mengekspor barang ke negara lain.

Contoh dependen;
1. Dependen dalam hubungan internasional
2. Dependen dalam ekonomi

Jika independen kemarin ada manfaatnya maka apakah dependen ada? tentu tidak yang dimana dependen adalah ketergantungan sama saja merugikan pihak lain dan pastinya untuk dependen harus memiliki tekat untuk berubah menjadi independen, terlalu banyak kerugian jika pada salah satu pihak menjadi dependen. Meskipun jarang ada pihak dependen namun tetap saja istilah ini kerap digunakan untuk perwakilan pada sifat atau sikap pada pihak tertentu.

baca juga : Kenali Apa Itu Independen dan Manfaatnya

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda