Kelebihan dan Kekuarangan Topologi Star

Dibuat oleh : Operator (486 hari yang lalu)

Kelebihan dan Kekuarangan Topologi Star. Seperti yang kalian ketahui setiap topologi pasti ada kelebihan maupun kekurangannya, dan tak jauh dari hal itu topologi star pun ada kelebihan dan kekurangannya. Tunggu apalagi mari kita simak pembahasannya:

Kelebihannya:

1. Mempunyai Kecepatan Transfer Jaringan yang Cepat

Dengan menggunakannya topologi ini dalam proses jaringan komputer, semua yang ada pada server komputer yang terhubung akan mendapatkan kecepatan transfer data yang sama, yang mampu meningkatkan efesiensi penggunaan pada jaringan.

2. Bisa Menggunakan Banyak Jenis Kabel

Topologi star sangatlah kompatibel dengan beberapa jenis kabel dalam jaringan komputer yang kalian ingin pakai.

3. Mempermudah Dalam Pengembangan

Jika kalian menggunakan topologi star ini, kalian akan sangat mudah dalam pengembangannya, dan jika ingin menambah jumlah pennggunaan dan komputer client sang pengguna hanya perlu membeli kabel baru dan dapat terhubung langsung ke hub atau switch yang ingin digunakan sebagai transmisi data pusat di dalam jaringan yang telah dibuat.

Kekurangannya:

1. Membutuhkan Banyak Kabel

Kekurangan yang ada topologi star ini ialah borosnya dalam pemakaian kabel, yaitu dari segi penggunaan banyak kabel untuk menghubungkan pengguna atau komputer client ke hub atau ke dalam switch.

2. Lalu Lintas Data yang Padat

Kedua yaitu jika terdapatnya sebuah lalu lintas jaringan yang sangat padat, pasti akan memengaruhi kecepatan transfer data dan kualitas jaringan komputer pasti juga akan berkurang. Dengan begitu banyaknya bahan yang harus digunakan untuk membangun kembali topologi star, yang dimana artinya biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih tinggi daripada jenis topologi yang lainnya.

BACA ARTIKEL PELATIHAN LAINNYA: Beberapa Topologi Jaringan Pengertian, Kelebihan, dan Kesimpulan

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda