Tugas Polisi Militer yang Mungkin Belum Kamu Tau

Dibuat oleh : Operator (373 hari yang lalu)

Tahukah kamu bahwa pada tanggal 11 Mei di peringati sebagai hari Polisi militer Tentara Nasional Indonesia. Perlu kamu tahu juga Polisi militer bertugas sebagai pengaman wilayah khusus, penegak hukum, tata tertib, dan juga penyelidik kejahatan.

Berikut ini adalah tugas dari polisi militer :

Pengawal orang penting
Seorang Polisi militer memang bertugas buat mengawal secara langsung orang-orang penting bersama PasPampres, seperti Presiden RI, Wapres, ataupun tamu yang penting dari negara lain. Oleh karena itu, secara tidak langsung, bila anda berprofesi sebagai Polisi militer, Jadi bisa melihat secara langsung orang-orang penting itu dalam jarak cukup dekat merupakan sebuah privilege.

Harus menangkap anggota seprofesi
Salah satu hal yang membedakan Polisi militer dengan polisi biasa yaitu waktu mereka harus menangkap sesama TNI. Bila Polisi biasa pada umumnya menangkap orang-orang yang tidak dikenal yang terbukti melaksanakan tindakan kriminal. Berbeda dengan Polisi militer yang mau tak mau harus tega menangkap anggota tentaranya.

Wajib ikut serta dalam menjaga lalu lintas
Selain seorang tentara, Polisi militer pun haruslah berperan sebagai seorang polisi. Sebagaimana polisi yang lainnya, profesi yang satu ini terkadang ikut serta dalam menegakkan tata tertib di jalan raya. Umumnya Polisi militer melaksanakan operasi gabungan bersama pihak polisi setempat buat melaksanakan razia kelengkapan surat-surat.

Penegak hukum di wilayah militer
Sebagaimana polisi yang bertugas buat menjaga ketertiban pada masyarakat, Polisi militer pun wajib menegakkan hukum di wilayah militer. Contohnya saja, harus menyelidiki dan juga menangkap para tentara yang berbuat kasus kriminal. Mulai dari memeriksa delik perkara sampai menyatakan status tersangka kepada anggota kerja buat diajukan ke pengadilan militer itu merupakan bagian dari tugasnya.

Baca juga : Fakta Seputar Penyakit Lupus

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda