Perlu di ketahui!! Macam-macam Flowchart dan penjelasnya

Dibuat oleh : Operator (500 hari yang lalu)

Tahukah kalian apa saja jenis atau macam-macam flowchart? Sebelum itu harus tahu dahulu apa itu flowchart. Flowchart sendiri mempunyai beberapa peran penting menjadi acuan awal sebelum sebuah sistem dibangun dan dikembangkan. Ada beberapa jenis atau contoh flowchart simak di bawah ini.

Berikut inilah beberapa contoh atau jenisnya :

Bagan Alir Sistem
System flowchart / flowchart sistem merupakan bagan yang menampilkan alur kerja. Pada flowchart itu bisa diketahui hal-hal yang sedang dilaksanakan dalam sistem secara menyeluruh beserta penjelasan prosedur di dalamnya. Bisa dikatakan bahwa flowchart sistem yakni deskripsi grafis dari kombinasi sebuah urutan prosedur yang membentuk sebuah sistem.

Bagan Alir Dokumen
Document flowchart disebut pula dengan bagan alir formulir (form flowchart) / flowchart paperwork. Maka, kalian tak perlu bingung lagi bila mendengar salah satu istilah tersebut sebab maknanya yang sama.

Bagan Alir Skematik
Schematic flowchart / flowchart skematik hampir sama seperti flowchart sistem sebab menggambarkan sistem / menunjukkan prosedur. Meskipun demikian, flowchart skematik memakai simbol-simbol flowchart yang lebih kompleks, seperti peripheral, gambar yang berhubungan dengan komputer, ataupun alat lainnya yang digunakan dalam sistem.

Bagan Alir Program
Program flowchart / bagan alir program adalah flowchart yang sangat identik dengan pembuatan aplikasi / program. Langkah program dijelaskan secara rinci atau detail pada flowchart itu oleh programmer, sehingga pembaca bisa memahami langkah / prosedur dengan urutan tepat saat terjadi.

Bagan Alir Proses
Process flowchart / flowchart proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah serta menganalisis langkah-langkah pada suatu prosedur / sistem. Penggunaan flowchart proses ditemukan pada bidang manufaktur sebab digunakan perekayasa industrial dalam mengembangkan dan mempelajari proses.

Baca juga : Tujuan Dari Sistem Prototype  

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda