Keuangan harus Dijaga

Dibuat oleh : Operator (501 hari yang lalu)

Keuangan harus Dijaga

Kesulitan saat mengatur keuangan? Kalian sering boros? Jangan khawatir lagi, kita akan membahas tentang bagaimana caranya untuk mengatur keuangan bulanan.

Saat Gajian, Siapkan Data Darurat

Dana darurat merupakan data yang sangat penting memastikan agar keadaan finansial tetap aman di masa yang akan datang. Karena hal itulah harus menyisihkan uang yang merupakan upaya untuk mengatur uang bulanan yang sehat. Siapa yang tahu akan hal yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Jadi, siapkan dana darurat di sekian persennya saja untuk keperluan dadakan.

Pisah Kebutuhan dan Keinginan

Jika ada kebutuhan yang wajib disetiap bulannya pasti ada keinginan untuk membeli barang yang kalian inginkan. Tapi, jika secara keterusan dituruti tanda sadar pengeluaran keinginan justru lebih besar dibandingkan kebutuhan yang lebih penting. Dengan mengatur uang bulanan ini kalian tidak akan menghamburkan uang hanya untuk keinginan kalian saja namun juga dibagi rata dengan kebutuhan yang lebih penting tentunya.

Lacak Pemasukan dan Pengeluaran

Kalian buat laporan keuangan kalian sendiri, hal ini akan membantu untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran kalian di setiap bulannya. Catat pengeluaranmu setiap hari dari hal sekecil apapun itu. Ini akan membantumu menganalisa pengeluaran mana yang tidak perlu dilakukan lagi di bulan depan. Dan pastikanlah kalian membaca catatan saat berbelanja agar tau mana yang sangat perlu dan tidak terlalu diperlukan.  

Rancang Pengeluaran

Pengatur keuangan selanjutnya yaitu dengan membuat rancangan pengeluaran bulanan. Rencana tersebut yaitu apa saja yang perlu kalian beli dengan gaji bulan depan. Dan kalian akan mengetahui kebutuhan dan keinginan kalian. Lalu kalian buatlah anggaran belanja yang berfokus kepada skema prioritasmu. Dengan adanya rancangan ini usahakan kamu mengeluarkan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Jangan sampai jauh dari rancanganmu karna akan berdampak pula pada keuanganmu.

Begitulah kiranya cara untuk kalian bisa menghemat keuangan kalian dengan kebutuhan yang penting saja. Ada untuk keinginan namun prioritas utama adalah kebutuhan bulanan. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga Mengenal Beberapa Tipe Dari Prototype

 

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda