Pentingnya Menanam Pohon

Dibuat oleh : Operator (422 hari yang lalu)

Pentingnya Menanam Pohon

Pohon merupakan makhluk hidup yang memungkinkan untuk terjadinya sebuah perputaran udara yang ada pada area disekitarnya. Daerah yang kekurangan pohon dapat menjadi lebih rentan mengalami polusi udara serta lingkungan yang lainnya.

Berikut ini merupakan manfaat pentingnya menanam pohon pada lingkungan:

1. Membersihkan Udara

Salah satu manfaat menanam pohon yaitu mampu untuk membersihkan udara. Hal itu dikarenakan, pohon bisa menghilangkan jenis polusi udara yang berbahaya untuk paru-paru, yaitu pada partikel. Hal ini berakibat dari pembakaran bahan bakar fosil, dengan jumlah yang tinggi di kota-kota besar.

Daun dari suatu pohon bisa menyaring polusi berbahaya ini, terutama pada area yang berdekatan dengan tempat pohon tersebut ditanami ditanam. Dengan semakin banyaknya orang yang menanam pohon, maka resiko adanya terkena penyakit asam pun akan mengalami penurunan.

2. Mengurangi Efek Pemanasan Global

Bumi ini terasa semakin panas, adalah salah satu ancaman terbesar untuk para manusia. Kombinasi gas buang kendaraan serta gelombang panas bisa menimbulkan lonjakan suhu yang begitu berbahaya.

Penanaman pohon yang ada di area perkotaan dengan rencana yang begitu baik akan dapat membantu untuk mengurangi adanya tekanan panas pada perkotaan.  Bahkan juga penurunan suhu di suatu daerah yang banyak ditanam oleh pohon dapat mencapai 2°C atau bahkan bisa lebih.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Beberapa sumber mengatakan bahwa jika seseorang yang tinggal pada area yang banyak pepohonan mempunyai kardiovaskular yang lebih sehat, dibandingkan dengan yang tinggal pada area yang kurang hijau. Hal tersebut disebabkan karena pepohonan yang bisa menghilangkan stres, hingga mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas fisik lebih teratur.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas

Pohon juga bisa melepaskan zat yang bermanfaat untuk tubuh, yaitu phytoncides. Bahan kimia itu dilepaskan oleh pepohonan serta tumbuhan, hingga sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik, terutama pada sel pembunuh alami.

5. Menyediakan Sumber Makanan Bergizi

Banyak tanaman pohon juga bisa meningkatkan ketahanan pangan, karena bisa menjadi sumber makanan bergizi yang dapat dengan mudah untuk diakses. Kebun buah yang letaknya berada di perkotaan yang juga memang sudah terencana dengan baik bisa dijadikan sebuah cara yang efisien untuk dapat memenuhi makanan yang kaya dengan nutrisi secara terjangkau.

Nah itulah manfaat menanam pohon yang harus kalian terapkan dalam kehidupan kalian setiap harinya, agar lingkungan tetap bersih dan terjaga serta juga pada udaranya yang sejuk.

Baca juga 5 Alasan Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat

Kategori : Umum

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda