Kelebihan yang ada di Figma

Dibuat oleh : Operator (515 hari yang lalu)

Kelebihan yang ada di Figma

Tidak adaa yang namanya aplikasi yang dibuat secara sempurna pastinya ada sebuah kekuranannya. Figma memiliki banyak sekali kelebihan, namun tidak dapat dipuungkiri bahwa figma memilii kekuranga juga.

Saat ini kita akan membahas tetang kelebihan dari figma. Kelebihannya tentunya banyak jika mengenai sebuah figma. Penjelasan kali ini diharapkan bisa menjadi referensi untuk kalian memilih aplikasi desain yang tepat. Berikut adalah kelebihan dari aplikasi Figma:

Bekerja bersamaan dan berkolaborasi secara realtime

Fitur ini sangat berguna saat kita bekerja di dalam satu tim untuk menyelesaikan proyek desain yang sama. Berkat fitur ini juga tugas pekerjaan menjadi lebih mudah dan transparan mungkin dikarenakan semua anggota untuk berkolaborasi secara realtime. Selain itu, di setiap anggota dalam tim bisa melihat pengeditan yang dilakukan oleh rekan satu timnya. Semuanya tercatat dan ditampilkan oleh Figma melalui fitur history.

File sharing yang mudah dan cepat

Dikarenakan file yang telah didesain tersimpan di server Figma, dan bisa lebih mudah untuk berbagi file desain. Cukup dengan mengirimkan link tautan Figma tempat dimana desain kita berada. Penerimaannya pun  juga mudah untuk melihat hasil desain kita tanpa perlu instal software tambahan.

Biasanya aplikasi desain yang lain, seperti Sketch dan Adobe XD mengharuskan untuk mengirimkan file terbaru saat ada perubahan desain. Di Figma tidak perlu mengirimkan file lagi karena setiap perubahan yang kita lakukan akan tersimpan otomatis dan tersinkronisasi.

Aplikasi desain yang lengkap dan serba bisa

Figma juga bisa membantu dalam mempersiapkan prototipe web dengan sangat mudah. Aplikasi ini dibangun dan dilengkapi dengan semua tools yang diperlukan untuk pembuatan desain prototipe. Jadi kita tidak perlu lagi untuk membeli ataupun menginstal software tambahan untuk desain karena Figma menyediakan hampir semua tools desain hanya dengan investasi satu kali bahkan gratis.

Figma dilengkapi dengan banyak fitur, seperti Figma Design, Figma Prototyping, Figma Design Systems, hingga yang terakhir Figma Jams, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan sticky notes, emoji, dan drawing tools.

Berbasis cloud tanpa perlu instalasi

Kelebihan yang satu ini jarang dimiliki oleh aplikasi desain sejenisnya. Kebanyakan aplikasi perlu untuk diinstal di komputer dan menggunakan sumber daya di komputer untuk mewujudkan hasil maksimal pada penggunaannya. Kelebihan Figma ini sangat menarik karena kita dapat membuka file yang dibutuhkan dari komputer manapun yang terhubung ke internet. Hal tersebut dikarenakan Figma merupakan aplikasi berbasis web dan semuanya diproses di cloud.

Tersedia paket gratis

Meski sebenarnya Figma merupakan aplikasi yang berbayar, namun tersedia juga paket gratis atau versi starter. Tersedianya paket gratis ini yang turut membuat Figma menjadi sepopuler sekarang. Karena walaupun gratis Figma tetap memberikan yang cukup lengkap untuk penggunanya.

Anda bisa menggunakan Figma secara gratis dengan ketentuan:

1. Bisa dua akun sebagai Editornya. Dan hanya dua akun inilah yang dapat mengubah dan mengedit file. Catatan: bisa mengakses akun dari beberapa perangkat.
2. Bisa mengundang siapapun dengan bebas tanpa batas dengan status sebagai Viewers/Tamu/Pemirsa,. Mereka dapat berkomentar pada desain yang kita bagikan.
3. Jika ingin lebih banyak Editor yang bisa berkolaborasi, tetapkan file sebagai Draft. Namun kekurangannya siapapun bisa mengeklaim file tersebut. Jadi gunakan fitur ini dengan bijak.

baca juga : Bahasa-bahasa Pemrogaman

Kategori : Pelatihan

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda