Simak,Sejarah Hari Aksara Internasional

Dibuat oleh : Operator (253 hari yang lalu)

Hari Aksara Internasional diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya. Perayaan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya literasi pada masyarakat.Perayaan ini terus digelar untuk meningkatkan kesadaran literasi, yang pada akhirnya dapat mendorong program literasi untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik. Yuk simak sejarahnya dibawah ini!

Hari Aksara Internasional memiliki sejarah penting dalam upaya meningkatkan tingkat literasi di seluruh dunia. Perayaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1967 oleh UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk mengatasi permasalahan global di bidang literasi. Saat itu, lebih dari separuh penduduk dunia belum bisa membaca dan menulis.

Awal mula Hari Aksara Internasional diawali dengan diadakannya konferensi tentang pemberantasan buta huruf di Teheran, Iran, pada tanggal 8 hingga 19 September 1965, dari situlah muncul gagasan bahwa perlu dilakukan tindakan-tindakan yang bersifat umum untuk mengurangi buta huruf. UNESCO kemudian secara resmi menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional, 26 Oktober 1966, dan hari tersebut pertama kali diperingati pada tahun 1967.

Mengapa keterbacaan itu penting?

Literasi memegang peranan sentral dalam kehidupan manusia karena merupakan hak asasi manusia yang menjadi landasan pembelajaran sepanjang hayat. Kemampuan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang membantu masyarakat mengakses pengetahuan, berpartisipasi dalam masyarakat, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. Literasi juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi kesenjangan. Di era digital yang terus berubah saat ini, literasi juga mencakup kemampuan mengatur dan mengevaluasi informasi yang ditemukan di Internet. Kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara cerdas merupakan keterampilan yang semakin penting dalam masyarakat modern.

Secara keseluruhan, literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis, namun juga tentang pemberdayaan individu dan menciptakan masyarakat yang lebih cerdas dan inklusif. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendukung dan menggalakkan literasi dalam berbagai aspek kehidupan kita.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda