Sejarah Hari Maritim Nasional Ke-59!

Dibuat oleh : Operator (271 hari yang lalu)

Indonesia merupakan negara dengan luas laut lebih besar dari luas daratan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Hari Maritim Nasional jatuh pada tanggal 23 September.

Mengutip dari Pengamanan Laut - Tata Ruang dan Keamanan Maritim, Loy et al (2019) Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 16.056 pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kekuatan maritim Indonesia bukanlah hal baru. Beberapa kerajaan nusantara terkenal dengan peradaban baharinya, seperti kerajaan Kutai, kerajaan Sriwijaya, kerajaan Majapahit dan lain-lain. Mengutip dari situs resmi kkp.go.id, sejarah Hari Maritim dimulai pada tahun 1953 ketika Presiden Soekarno meresmikan Institut Angkatan Laut. Beberapa isi pidato Presiden Soekarno saat itu adalah sebagai berikut.

“Mari kita coba kembalikan kita menjadi negara maritim. Ya, bangsa maritim dalam arti luas. Bukan hanya pelayan di kereta. Ini adalah orang-orang pelaut dalam arti cakrawala samudra. Bangsa pelaut dengan armada niaga, bangsa pelaut dengan armada militer, bangsa pelaut yang aktivitasnya di laut mengikuti gelombang laut itu sendiri.”

Indonesia ditetapkan sebagai negara maritim dalam deklarasi Djuanda tahun 1957. Di bawah ini adalah teks deklarasi Djuanda. Indonesia mengklaim sebagai negara kepulauan dengan coraknya sendiri. Sejak zaman dahulu, nusantara merupakan satu kesatuan. Ketentuan Ordonansi 1939 tentang Ordonansi dapat memecah belah keutuhan Indonesia. Pernyataan tersebut memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Terwujudnya wujud seluruh wilayah kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.
  • Menetapkan batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut prinsip negara kepulauan.
  • Mengatur lalu lintas laut yang damai, lebih menjamin keamanan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pada tahun 1964, melalui Musyawarah Nasional (Munas) I, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan No. 249 Tahun 1964 yang menetapkan tanggal 23 September sebagai Hari Maritim Nasional. 

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di KompetisiOnlineTerspektakuler dari Beelajar.comKompetisi.co.idOlimpiadekita.comAjangJuara.comKompetisiNasional.comCarilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda