Memperingati Hari Pers Nasional (HPN)

Dibuat oleh : Operator (99 hari yang lalu)

Hari Pers Nasional (HPN) selalu diperingati pada tanggal 9 Februari. Hari Pers Nasional merupakan hari untuk memperingati seluruh insan media di seluruh Indonesia.

Meringkas berbagai sumber, Hari Pers Nasional dapat dikatakan bermula dari berinya PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). Peringatan ini kemudian ditetapkan dengan Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Keputusan ini ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.PWI sendiri merupakan organisasi jurnalis pertama di Indonesia.

PWI didirikan pada tanggal 9 Februari 1946 di Surakarta. Tujuan didirikannya PWI adalah untuk mempertemukan seluruh jurnalis Indonesia saat itu dalam satu forum.

Karena pada zaman dahulu, jurnalisme adalah profesi yang terhormat. Dengan latar belakang tersebut, mereka sekaligus berupaya mewujudkan misinya memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Jurnalis pada saat itu mempunyai peran ganda: jurnalis dan aktivis.Salah satu jurnalis nasional yang masih dikenang namanya adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo. 

Karena kepeloporannya sebagai jurnalis di Indonesia, ia bahkan dijuluki sebagai bapak pemberitaan negara. Tirto juga merupakan tokoh pendiri surat kabar pertama.

Hebatnya, surat kabar pertama ini juga dimiliki dan dikelola oleh pribumi, yaitu Medan Prijaji di Bandung. Tidak lama terbentuknya PWI, lahir pula Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). 

Saat itu, surat kabar masih menjadi media terbesar dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Setelah melalui proses yang panjang, PWI menyelenggarakan Kongresnya yang ke 28 di Padang pada tahun 1978.

Dari sinilah lahir gagasan Hari Pers Nasional yang kemudian menjadi landasan tekad Presiden Soeharto. Tema Hari Pers Nasional setiap tahunnya berbeda-beda.

Tema Hari Pers Nasional biasanya tak lepas dari situasi dan kondisi bangsa saat dirayakan. Di tahun Pemilu 2024 ini, Hari Pers Nasional mengusung tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa".

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

Kategori : Informasi

PT. Harmoni Kreasi Digital
© 2022 Talenta Muda